Tesis

Hubungan Konflik Pekerjaan-Keluarga dengan Gangguan Mental Emosional pada Perawat Perempuan di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo = Work-Family Conflict and its relation with Emotional Mental Disorder among Female nurses at RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Pendahuluan: Gangguan mental emosional adalah keadaan distress psikologik yang jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan gangguan jiwa berat dan disabilitas. Prevalensi gangguan mental emosional yang dialami oleh perawat perempuan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr.Cipto Mangunkusumo, rumah sakit rujukan tersier di Indonesia, pada tahun 1998 adalah sebesar 17,7%. Namun, dalam beberapa tahun terakhir RS ini telah mengalami perubahan sistem kerja dan budaya kerja, oleh karena itu perlu dilakukan investigasi kembali. Salah satu bahaya potensial psikososial yang diduga berhubungan dengan gangguan kesehatan mental adalah konflik pekerjaan-keluarga. Metode: Disain penelitian menggunakan studi potong lintang dengan mencari hubungan antara variabel bebas konflik pekerjaan-keluarga dan faktor individu serta faktor pekerjaan lainnya dengan variabel terikatnya yaitu gangguan mental emosional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner konflik pekerjaankeluarga, SRQ 20 dengan populasi penelitian perawat perempuan yang bekerja di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo. Hasil: Prevalensi gangguan mental emosional pada perawat perempuan di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo adalah sebesar 23,5%. Faktor paling dominan yang berhubungan dengan gangguan mental emosional pada perawat perempuan di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo adalah konflik pekerjaan-keluarga (OR 2,59, CI 95% 1,44-4,65, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Dewi Yunia Fitriani - Nama Orang
Dewi S. Soemarko - Nama Orang
Indra Hardjono - Nama Orang

No. Panggil
T17250fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 64 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17250fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17250FKT17250fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Konflik Pekerjaan-Keluarga dengan Gangguan Mental Emosional pada Perawat Perempuan di RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo = Work-Family Conflict and its relation with Emotional Mental Disorder among Female nurses at RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Related Collection