Tesis

Model karsinogenesis karsinoma endometrioid dengan teknik autoimplantasi dan induksi DMBA; tinjauan khusus pada ekspresi MLH1, p16INK4a dan ER-alfa = Carcinogenesis model of endometrioid carcinoma using autoimplantation and DMBA induction: Focus on the expression of MLH1, p16INK4a and ER-alpha.

Pengembangan model karsinogenesis kanker endometrioid diperlukan dalam penelitian dasar dan uji klinis untuk menggantikan jaringan manusia. Kanker endometrioid yang terbentuk pada hewan coba diharapkan memiliki karakteristik histopatologi dan pola ekspresi protein seperti pada manusia. Penelitian eksperimental ini menggunakan 18 ekor tikus Wistar yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok sham, kelompok autoimplantasi endometrium dan induksi DMBA selama 10 minggu dan 20 minggu. Metode ini menggunakan benang silk mengandung 1 mg DMBA yang ditempelkan pada bagian endometrium lalu diimplantasikan pada ovarium dan diamati selama 10 dan 20 minggu. Histopatologi dengan pewarnaan HE menunjukkan pembentukan kanker endometrioid pada semua tikus wistar (100%) dengan autoimplantasi dan induksi DMBA selama 20 minggu dan hiperplasia endometrium terbentuk pada semua tikus induksi 10 minggu. Pada pulasan IHK terdapat penurunan ekspresi protein MLH1, p16INK4a dan ER-alfa pada tikus dengan kanker endometrioid dan hasilnya berbeda bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Salinah - Nama Orang
Budi Wiweko - Nama Orang
Puspita Eka Wuyung - Nama Orang

No. Panggil
T17237fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 71 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17237fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17237FKT17237fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Model karsinogenesis karsinoma endometrioid dengan teknik autoimplantasi dan induksi DMBA; tinjauan khusus pada ekspresi MLH1, p16INK4a dan ER-alfa = Carcinogenesis model of endometrioid carcinoma using autoimplantation and DMBA induction: Focus on the expression of MLH1, p16INK4a and ER-alpha.

Related Collection