Tesis

Efektivitas Injeksi Intra Artikular Sel Punca Mesenkimal- Jeli Wharton Pada Sendi Lutut Dengan Osteoartritis Terhadap Regenerasi Kartilago Artikular: Penelitian Pada Domba = Efficacy Of Intra Articular Wharton’s Jelly-Derived Mesenchymal Stem Cell Injection In Osteoarthritic Articular Cartilage: A Study In Sheep.

Pendahuluan: Implantasi sel punca mesenkimal autologus dalam suspensi asam hyaluronat terbukti dapat mencegah perburukan kerusakan kartilago artikular pada sendi lutut. Prosedur tersebut menjadi pilihan bagi penderita osteoartritis usia muda namun berhubungan dengan serangkaian morbiditas seperti prosedur yang lebih dari satu kali maupun kegagalan dalam kultur untuk mendapatkan sel dengan potensi kondrogenik. Pada penelitian ini, kami menerapkan penggunaan injeksi intra artikular sel punca mesenkimal-jeli Wharton untuk menunda progresivitas dari osteoartritis sendi lutut domba dewasa yang diinduksi dengan menggunakan menisektomi. Metode: Dua belas domba dengan karakteristik serupa diinduksi osteoartritis dengan menggunakan metode menisektomi meniskus lateral lutut diikuti dengan latihan. Domba tersebut dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan dengan jumlah masing-masing 3 ekor. Kelompok perlakuan antara lain kelompok kontrol, injeksi intra artikular dengan asam hyaluronat (hylan G-F 20; Synvisc®), injeksi intra artikular dengan sel punca mesenkimal-jeli Wharton dan injeksi intra artikular dengan sel punca mesenkimal-jeli Wharton dalam suspensi asam hyaluronat (hylan G-F 20; Synvisc®). Dilakukan pengambilan foto polos lutut secara anteroposterior sebelum intervensi (1 bulan paska menisektomi) dan setelah intervensi (6 minggu paska penyuntikkan) untuk penilaian dengan menggunakan sistem Kellgren-Lawrence. Domba tersebut dikorbankan setelah 4 minggu untuk penilaian gross pathology dan histopatologi sesuai dengan sistem Osteoarthritis Research Society International (OARSI). Hasil: Kelompok dengan injeksi intra artikular dengan sel punca mesenkimal jeliWharton dalam suspensi asam hyaluronat memiliki hasil penilaian gross pathology dan histopatolgi yang lebih bila dibandingkan kelompok kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Adrian - Nama Orang
Andri MT Lubis - Nama Orang

No. Panggil
T17230fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi.,
Deskripsi Fisik
xix, 68 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17230fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17230FKT17230fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Injeksi Intra Artikular Sel Punca Mesenkimal- Jeli Wharton Pada Sendi Lutut Dengan Osteoartritis Terhadap Regenerasi Kartilago Artikular: Penelitian Pada Domba = Efficacy Of Intra Articular Wharton’s Jelly-Derived Mesenchymal Stem Cell Injection In Osteoarthritic Articular Cartilage: A Study In Sheep.

Related Collection