Tesis

Peningkatan Ekspresi Siklin D1 pada Karsinoma Papiler Tiroid dengan Metastasis Kelenjar Getah Bening Leher dan Metastasis Tulang = The increase of Cyclin D1 Expression in Papillary Thyroid Carcinoma with Neck Lymph Node Metastasis and Bone Metastasis.

Latar belakang: Karsinoma papiler tiroid (KPT) merupakan 85-90% dari seluruh kanker tiroid. KPT adalah tumor epitel folikel ganas yang menunjukkan diferensiasi sel folikular disertai perubahan inti dan/ atau pembentukan struktur papiler. Siklin D1 dapat digunakan sebagai penanda invasi sel tumor. Tujuan penelitian ini membandingkan ekspresi siklin D1 pada kelompok KPT tanpa metastasis, KPT dengan metastasis ke kelenjar getah bening (KGB) leher, dan KPT dengan metastasis tulang. Metode: Penelitian menggunakan metode potong lintang. Sampel terdiri atas 13 kasus untuk masing-masing kelompok KPT tanpa metastasis, KPT dengan metastasis KGB leher, dan KPT dengan metastasis tulang. Dilakukan pulasan siklin D1 dan penilaian pulasan berdasarkan intensitas dan jumlah inti sel yang terpulas. Dilakukan penghitungan histoscore dan persentase setiap kasus. Hasil penghitungan dikelompokkan menjadi derajat satu yaitu hasil kurang dari 10%, derajat dua yaitu hasil 10-50%, dan derajat tiga yaitu lebih dari 50%. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pulasan siklin D1 derajat tiga ditemukan pada sebagian besar kelompok KPT dengan metastasis tulang dan tidak ditemukan pada KPT tanpa metastasis. Terdapat hubungan yang bermakna antara ekspresi siklin D1 pada kelompok KPT tanpa metastasis, kelompok KPT dengan metastasis KGB leher, dan KPT dengan metastasis tulang (interval kepercayaan 95% 0,01-0,74; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Ditha Diana - Nama Orang
Kusmardi - Nama Orang
Maria Francisca Ham - Nama Orang

No. Panggil
T17220fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Patologi Anatomik.,
Deskripsi Fisik
xii, 77 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17220fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17220FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Peningkatan Ekspresi Siklin D1 pada Karsinoma Papiler Tiroid dengan Metastasis Kelenjar Getah Bening Leher dan Metastasis Tulang = The increase of Cyclin D1 Expression in Papillary Thyroid Carcinoma with Neck Lymph Node Metastasis and Bone Metastasis.

Related Collection