Tesis

Hubungan kadar 25-Hydroxyvitamin D serum dengan derajat keparahan, lesi inflamasi, dan lesi noninflamasi akne vulgaris pada pasien di poliklinik Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo = Correlation between serum 25-Hydroxyvitamin D levels and severity and numbers of inflammatory, and noninflammatory lesions of acne vulgaris patients in Dermatovenereology Clinic, Dr. Cipto Mangunkusumo National General Hospital.

Latar belakang dan tujuan: Akne vulgaris (AV) merupakan inflamasi kronik pada unit pilosebasea. Beberapa penelitian telah meneliti kadar 25-hydroxyvitamin D [25(OH)D] serum pada pasien AV dengan hasil bervariasi, namun umumnya rendah. Kadar vitamin D diduga terpengaruh oleh pajanan sinar matahari, letak geografis, ras/tipe kulit, dan asupan makanan, sehingga mungkin temuan di Indonesia akan berbeda daripada penelitian terdahulu di luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar 25(OH)D serum dan hubungan dengan derajat keparahan, lesi inflamasi, noninflamasi, dan total lesi AV. Metode: Penelitian potong lintang ini melibatkan 30 subjek penelitian (SP), direkrut secara consecutive sampling, terbagi rata ke dalam kelompok AV ringan (AVR), AV sedang (AVS), dan AV berat (AVB) berdasarkan klasifikasi Lehmann. Faktor risiko AV yang berkaitan dengan vitamin D (pajanan sinar matahari, penggunaan tabir surya, suplementasi), jumlah lesi, dan kadar 25(OH)D serum dinilai pada seluruh SP. Hasil : Median kadar 25(OH)D serum pada kelompok AVR, AVS, dan AVB yaitu 16,3 (9,117,8) ng/mL, 12,7 (9,6-15,6) ng/mL, dan 9,35 (4,9-10,9) ng/mL Median pada kelompok AVR dan AVS lebih tinggi dibandingkan AVB (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Sammy Yahya - Nama Orang
Sandra Widaty - Nama Orang
Rahadi Rihatmadja - Nama Orang

No. Panggil
T17212fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin.,
Deskripsi Fisik
xvii, 72 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17212fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17212FKT17212fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan kadar 25-Hydroxyvitamin D serum dengan derajat keparahan, lesi inflamasi, dan lesi noninflamasi akne vulgaris pada pasien di poliklinik Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo = Correlation between serum 25-Hydroxyvitamin D levels and severity and numbers of inflammatory, and noninflammatory lesions of acne vulgaris patients in Dermatovenereology Clinic, Dr. Cipto Mangunkusumo National General Hospital.

Related Collection