Tesis

Efektivitas Gel Lidokain 2% Dibandingkan Dengan Tetes Mata Tetrakain 0,5% Sebagai Anestetik Topikal Pada Operasi Fakoemulsifikasi = Effectiveness of 2% Lidocaine Gel Compared to 0,5% Tetracaine Eye Drop as a Topical Anesthetic on Phacoemulsification Surgery.

Latar Belakang: Anestetik topikal telah menjadi pilihan utama dalam prosedur fakoemulsifikasi untuk ekstraksi katarak. Anestetik ini memberikan efek yang cepat, murah, aplikasi tidak nyeri, kepuasan pasien yang baik, dan menghindari risiko anestesia umum. Anestetik topikal yang paling sering digunakan pada operasi fakoemulsifikasi adalah tetes mata tetrakain 0,5%. Obat ini terbukti aman dan efektif dalam menghilangkan nyeri, tetapi durasi kerjanya singkat sehingga seringkali harus dilakukan penambahan saat operasi. Pemberian berulang ini dapat bersifat toksik pada epitel kornea. Saat ini telah berkembang sediaan baru berupa gel lidokain 2% yang memiliki waktu kontak lebih lama dengan epitel korena dan efektivitas yang baik dalam menghilangkan nyeri. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan efektivitas gel lidokain 2% dengan tetes mata tetrakain 0,5% dalam operasi fakoemulsifikasi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian penelitian uji klinis acak tersamar tunggal yang dilakukan pada Maret sampai dengan April 2017. Terdapat 72 subjek penelitian dengan usia ≥ 40 tahun yang menjalani prosedur fakoemulsifikasi. Semua subjek mendapatkan alokasi randomisasi dengan metode blok dan dilakukan concealment menjadi 2 kelompok yaitu kelompok gel lidokain 2% dan kelompok tetes mata tetrakain 0,5%. Anestetik topikal diaplikasikan 5 menit sebelum operasi kemudian 5 menit setelah operasi subjek memberikan penilaian tentang skala nyeri yang dirasakan selama operasi dengan menggunakan numerical rating scale dan juga mengisi kuesioner kepuasan subjek terhadap obat anestetik topikal yang diberikan. Dokter bedah mata juga diberikan kuesioner kepuasan terhadap obat anestetik topikal. Hasil: Skala nyeri kelompok gel lidokain lebih rendah dibandingkan kelompok tetes mata tetrakain (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Robert Hotasi Naibaho - Nama Orang
Adhrie Sugiarto - Nama Orang
Susilo Chandra - Nama Orang
Bondan Harmani - Nama Orang

No. Panggil
T17193fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xii, 59 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17193fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17193FKT17193fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Gel Lidokain 2% Dibandingkan Dengan Tetes Mata Tetrakain 0,5% Sebagai Anestetik Topikal Pada Operasi Fakoemulsifikasi = Effectiveness of 2% Lidocaine Gel Compared to 0,5% Tetracaine Eye Drop as a Topical Anesthetic on Phacoemulsification Surgery.

Related Collection