Tesis

Uji Keandalan dan Kesahihan Kuesioner Kualitas Hidup Short Form 12 Berbahasa Indonesia Pada Pasien Artritis Reumatoid = Reliability and Validity Test Of Indonesian Version Short Form 12 Quality of Life Questionnaire in Rheumatoid Arthritis Patient.

LATAR BELAKANG: Artritis Reumatoid (AR) merupakan penyakit kronik yang membutuhkan pengobatan jangka panjang dan mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Kuesioner Short Form 12 merupakan kuesioner kualitas hidup generik yang dapat digunakan untuk pasien AR dan telah diuji kesahihan dan keandalannya di Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keandalan dan kesahihan kuesioner Short Form 12 Berbahasa Indonesia METODE: Enam puluh lima orang pasien yang telah didiagnosis AR secara klinis sebelumnya berdasarkan kriteria American College of Rheumatology/ European League Against Rheumatism, diwawancarai dengan menggunakan kuesioner Short Form 36 dan Short Form 12 versi Indonesia. Kesahihan dinilai menggunakan kesahihan konstruksi dan kesahihan eksternal dan keandalan dinilai melalui metode konsistensi internal dan tes ulang. HASIL: SF-12 berbahasa Indonesian tidak terbukti memiliki kesahihan yang baik dengan korelasi setiap pertanyaan dengan SF-36 terbukti rendah pada domain Role Emotional dan Mental Health (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Nabil Mubtadi Falah - Nama Orang
Rudi Putranto - Nama Orang
Bambang Setyohadi - Nama Orang
Ikhwan Rinaldi - Nama Orang

No. Panggil
T17189fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 55 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17189fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17189FKT17189fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Keandalan dan Kesahihan Kuesioner Kualitas Hidup Short Form 12 Berbahasa Indonesia Pada Pasien Artritis Reumatoid = Reliability and Validity Test Of Indonesian Version Short Form 12 Quality of Life Questionnaire in Rheumatoid Arthritis Patient.

Related Collection