Tesis

Hubungan Jam Terbang dan Beberapa Faktor Lain Terhadap Risiko Fatigue Pada Penerbang Sipil di Indonesia = Correlation of flight hours and other factors on fatigue risk among civilian pilots in Indonesia.

Latar Belakang: Dalam dunia penerbangan, fatigue dapat menyebabkan inkapasitasi penerbang dan mengakibatkan kecelakaan pesawat. Jam terbang merupakan salah satu faktor yang berhubungan dengan risiko fatigue. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan jam terbang 7 hari dan beberapa faktor lain terhadap risiko fatigue pada penerbang sipil di Indonesia. Metode: Sebuah studi cross sectional dengan consecutive sampling dilakukan pada penerbang sipil yang sedang melakukan medical check-up di Balai Kesehatan Penerbangan di Jakarta pada Juni 2016. Karakteristik demografi, pekerjaan, kebiasaan dan jam terbang diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Data fatigue diperoleh melalui pemgisian selfquestionnaire fatigue dan dihitung dengan Fatigue Severity Scale (FSS) yang telah dikalibrasi. Fatigue dikategorikan menjadi “Tidak Fatigue” (skor FSS

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Febi Arya Hidayat - Nama Orang
Indah S. Widyahening - Nama Orang
Ferdi Afian - Nama Orang

No. Panggil
T17181FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Penerbangan.,
Deskripsi Fisik
xiv, 61 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17181FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17181FKT17181FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Jam Terbang dan Beberapa Faktor Lain Terhadap Risiko Fatigue Pada Penerbang Sipil di Indonesia = Correlation of flight hours and other factors on fatigue risk among civilian pilots in Indonesia.

Related Collection