Tesis

Efek lunasin dari ekstrak kedelai terhadap ekspresi COX-2, iNOs dan β-katenin pada kolon mencit yang diinduksi dextran sodium sulfate = The effectiveness of lunasin from soybean extract to decrease expression of COX-2, iNOs and β-catenin in mice colon induced dextran sodium sulfate.

Inflammatory bowel disease (IBD) merupakan kondisi yang menggambarkan peradangan saluran cerna kronik. Peradangan kronis yang terjadi di kolon dapat berkembang menjadi kanker kolon. Lunasin telah diketahui dapat menekan reaksi inflamasi yang diinduksi lipopolisakarida secara in vitro. Peran lunasin sebagai antiinflamasi secara in vivo masih belum banyak diketahui. Pada penelitian ini dianalisis efek lunasin kedelai dalam menghambat inflamasi dengan melihat ekspresi COX-2, iNOS, dan β-katenin. Mencit sebanyak 30 ekor dibagi dalam 6 kelompok. Kelompok normal adalah mencit yang tidak diinduksi DSS. Kelompok lain diinduksi dengan DSS 2% melalui air minum selama 9 hari. Hari berikutnya mencit kelompok kontrol negatif tidak menerima perlakuan sedangkan kelompok yang menerima perlakuan diberikan lunasin dosis 20mg/kgBB, dosis 40mg/kgBB dan lunasin komersil serta kontrol positif diberikan aspirin. Perlakuan dilakukan selama 5 minggu. Pemeriksaan histopatologi kolon yang mengalami inflamasi dan skor hasil pewarnaan imunohistokimia protein COX-2, iNOs dan β-katenin dianalisis menggunakan uji statistik. Lunasin dosis 20mg/kgBB dan dosis 40mg/kgBB mampu menurunkan inflamasi secara signifikan (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Nessa - Nama Orang
Ari Estuningtyas - Nama Orang
Kusmardi - Nama Orang

No. Panggil
T17180fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 90 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17180fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17180FKT17180fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek lunasin dari ekstrak kedelai terhadap ekspresi COX-2, iNOs dan β-katenin pada kolon mencit yang diinduksi dextran sodium sulfate = The effectiveness of lunasin from soybean extract to decrease expression of COX-2, iNOs and β-catenin in mice colon induced dextran sodium sulfate.

Related Collection