Tesis

Perbandingan Hasil Luaran antara Pneumoperitoneum Tekanan Rendah dengan Tekanan Standar pada Laparoscopic Living Donor Nephrectomy = Comparison of Outcome between Low Pressure and Standard Pressure Pneumoperitoneum in Laparoscopic Living Donor Nephrectomy.

Saat ini, transplantasi ginjal dilakukan melalui prosedur Laparoscopic Living Donor Nephrectomy (LLDN) dengan cara memasukkan gas CO ke dalam ruang intraperitoneum menggunakan tekanan standar (12-15 mmHg). Namun, dikatakan juga bahwa dengan tekanan rendah (8-10 mmHg) dapat berkaitan dengan nyeri pasca operasi dan efek samping yang lebih rendah. Ini merupakan studi perbandingan prospektif yang dilakukan di Departemen Urologi, Rumah Sakit Umum Cipto Mangunkusumo mulai bulan November 2015 sampai Agustus 2016. Seluruh subjek menjalani prosedur LLDN. Pada periode ini, subjek menerima 2 prosedur pneumoperitoneum tekanan rendah. Kelompok ini kemudian dibandingkan secara acak dengan kelompok prosedur pneumoperitoneum tekanan standar yang menjalani prosedur LLDN sebelumnya. Dari 85 subjek yang menjalani LLDN dengan tekanan rendah dan standar masing-masing adalah 41 dan 44. Meskipun tidak ada perbedaan signifikan dari nyeri pasca operasi, efek samping pada tekanan rendah lebih rendah daripada tekanan standar (p = 0,033 untuk nyeri epigastrik, p = 0,024 untuk mual, dan p = 0,018 untuk muntah). Namun, durante operasi, 22% subjek dengan tekanan rendah perlu mendapatkan konversi gas menjadi tekanan standar. Berdasarkan analisis, penyebab konversi adalah Indeks Massa Tubuh (IMT) pasien donor yang tinggi (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Nicholas Tambunan - Nama Orang
Agus Rizal Hamid - Nama Orang
Irfan Wahyudi - Nama Orang
Chaidir A Mochtar - Nama Orang

No. Panggil
T17177fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Urologi.,
Deskripsi Fisik
ix, 11 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17177fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17177FKT17177fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Hasil Luaran antara Pneumoperitoneum Tekanan Rendah dengan Tekanan Standar pada Laparoscopic Living Donor Nephrectomy = Comparison of Outcome between Low Pressure and Standard Pressure Pneumoperitoneum in Laparoscopic Living Donor Nephrectomy.

Related Collection