Tesis

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kejadian batu buli pada benign prostatic hyperplasia (BPH) = Influential Factors of Bladder Stone Incidence in Patients with Benign Prostate Hyperplasia (BPH).

Urodinamik merupakan standar baku yang digunakan untuk mengevaluasi BOO, namun fasilitas urodinamik tidak selalu tersedia di seluruh pusat pelayanan urologi. Oleh karena itu kontribusi dari komponen anatomis (volume prostat dan PSA) dan konfigurasinya (IPP) mulai dipertimbangkan. Batu buli sering ditemukan pada pasien dengan usia diatas 50 tahun yang merupakan rentang usia terjadinya BPH. Usia, Intravesica Prostatic Prostution (IPP) dan total prostate volume (TVP) adalah faktor yang mempengaruhi terjadinya batu buli pada pasien BPH. Tidak ada hubungan yang signifikan antara riwayat medis, indeks masa tubuh (IMT), skor IPSS dan PSA dengan resiko batu buli pada pasien BPH
Kata kunci: Faktor yang mempengaruhi, batu buli, BPH


Urodynamic is the gold standard examination to evaluate BOO. However, urologic health facility that offers urodynamic examination is not always available. Hence, the contribution of anatomic components, such as prostate volume and PSA, and its configuration (IPP) have been considered. Bladder stone is often found in patients age more than 50 years, who are included in the age range of BPH. Age, intravesica prostatic protrusion (IPP), and total prostate volume (TPV) are factors which are affecting the incidence of bladder stones in patients with BPH. There was no significant relationship between medical history, body mass index (BMI), IPSS score, and PSA with risk of bladder stones in patients with BPH.
Keywords: Influential factors, bladder stone, BPH

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Randy Fauzan - Nama Orang
Zulfikar Ali - Nama Orang

No. Panggil
T17167fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Urologi.,
Deskripsi Fisik
ix, 18 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17167fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17167FKT17167fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kejadian batu buli pada benign prostatic hyperplasia (BPH) = Influential Factors of Bladder Stone Incidence in Patients with Benign Prostate Hyperplasia (BPH).

Related Collection