Tesis

Hubungan Gangguan Menstruasi dan Gangguan Kerja pada Karyawati di RSCM = The Correlation between menstrual disorders and work disturbance among the employee at RSCM.

LATAR BELAKANG: Gangguan menstruasi di kalangan pekerja perempuan dapat mempengaruhi standar kualitas hidup perempuan tersebut dan secara ekonomis menyebabkan berkurangnya pendapatan akibat kehilangan waktu kerja dan produktivitas kerja. Penelitian tentang hubungan gangguan menstruasi dan gangguan kerja di kalangan karyawati yang bekerja di lingkungan rumah sakit di Indonesia belumlah ada. TUJUAN: Diketahuinya hubungan antara gangguan menstruasi, gangguan siklus menstruasi, gangguan lama dan jumlah darah menstruasi, gangguan diluar siklus menstruasi, dan gangguan lain yang yang berhubungan dengan menstruasi terhadap gangguan kerja di kalangan karyawati di RSCM. METODE: Penelitian ini menggunakan desain penelitian potong lintang (crosssectional) dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Randomisasi sampel dengan software winpepi ® untuk windows 7 ®. Analisis data dengan menggunakan software SPSS 24 ® untuk windows 7 ®. HASIL: Prevalensi gangguan menstruasi sebesar 87%, gangguan siklus menstruasi 3%. gangguan volume menstruasi 31%, gangguan lama menstruasi 15%, gangguan nyeri haid 83% dan sindroma pramenstruasi 71%. Prevalensi gangguan menstruasi terhadap gangguan kerja ringan 38%, gangguan kerja sedang 45.3% dan gangguan kerja berat 4%. Adanya hubungan antara gangguan volume menstruasi, hipermenorea, dan nyeri haid / dismenorea terhadap gangguan kerja pada karyawati di RSCM (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Iftikar Abdullah - Nama Orang
Laila Nuranna - Nama Orang
Gita Pratama - Nama Orang
IPG Kayika - Nama Orang

No. Panggil
T17148fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xvii, 98 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17148fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17148FKT17148fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Gangguan Menstruasi dan Gangguan Kerja pada Karyawati di RSCM = The Correlation between menstrual disorders and work disturbance among the employee at RSCM.

Related Collection