Tesis

Uji validasi sistem skor Wells diikuti algoritma ACCP IX untuk menentukan adanya trombosis vena dalam asimtomatik pada pasien kanker = Validation of Wells score followed by ACCP IX guideline in diagnosis of asymptomatic deep vein thrombosis in cancer patients.

Latar Belakang: Tromboemboli vena merupakan penyebab morbiditas dan mortalitas yang penting pada pasien kanker. Belum ada sistem skor untuk memprediksi TVD pada pasien tanpa gejala dan tanda trombosis. Sistem skor Wells merupakan sistem skoring yang awalnya digunakan untuk memprediksi TVD pada pasien dengan faktor risiko trombosis dan secara klinis diduga (suspected) TVD, tetapi, belum digunakan pada pasien-pasien yang tanpa gejala dan tanda TVD. Perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kegunaan skor Wells yang dilanjutkan dengan algoritma ACCP IX pada pasien kanker yang asimtomatik TVD. Tujuan: Mengetahui kegunaan skor Wells dalam mendiagnosis TVD pada pasien kanker yang tidak menunjukkan gejala dan tanda trombosis (asimtomatik). Metode: Penelitian ini menggunakan metode potong lintang. Pasien kanker yang insidens trombosis vena dalamnya tinggi (tanpa gejala dan tanda TVD), dihitung skor Wells dan dilanjutkan dengan algoritma diagnostik ACCP IX untuk mendiagnosis TVD. Hasil: Penelitian ini merekrut 100 pasien kanker yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, dan mendapatkan kejadian TVD pada 2% pasien kanker yang tidak menunjukkan gejala dan tanda TVD. Sebagian besar pasien (93%) memiliki skor Wells unlikely (< 2). Hasil D-dimer lebih dari 500 µg/l didapatkan pada 60% subyek penelitian. Berdasarkan uji statistik, skor Wells memiliki nilai kalibrasi yang kurang baik (p < 0,01) dan nilai diskriminasi area under the curve (AUC) sangat lemah (47,4%). Kesimpulan: Skor Wells tidak dapat digunakan untuk memprediksi TVD pada pasien kanker yang tidak memiliki gejala dan tanda TVD. Proporsi pasien kanker dengan TVD tanpa gejala dan tanda trombosis adalah 2%.
Kata Kunci: asimtomatik, kanker, skor Wells, trombosis vena dalam



Background: Venous thromboembolism is the main cause of morbidity and mortality in cancer patients. Until now there was no scoring system to predict deep vein thrombosis (DVT) in patients with risk factors but without sign and symptoms of thrombosis. Wells score was designated to predict patients who were clinically suspected as having DVT, but not yet used for patients who were asymptomatic. We investigate whether Wells score followed by ACCP IX guideline can be used to predict DVT in cancer asymptomatic patient. Purpose: To investigate the use of Wells score in diagnosing DVT in asymptomatic cancer patients. Method: We conducted a cross-sectional study in cancer patients whose incidence of thrombosis were highest, without sign and symptoms of DVT. We calculated the Wells score from each patients and then chose the appropriate diagnostic examination in accordance to ACCP IX guideline. Result: A total of 100 patients were enrolled in this research. We found the proportion of asymptomatic DVT in cancer patients was 2%. Most of the subjects has low Wells score (93% of subjects, score < 2, categorized as unlikely) and high D-dimer (60% of subjects, concentration of > 500 µg/l). Based on statistical test, Wells score had a poor calibration score (p < 0,01) and low area under the curve (47,4%). Conclusion: Wells score cannot be used as a prediction model to predict DVT in asymptomatic cancer patients. The proportion of asymptomatic DVT in cancer patients was 2%.
Keywords: asymptomatic, cancer, deep vein thrombosis, Wells score

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Inolyn Pandjaitan - Nama Orang
Djumhana Atmakusuma - Nama Orang
Prijo Sidipratomo - Nama Orang
Martin Rumende - Nama Orang

No. Panggil
T17108fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 75 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17108FKT17108fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji validasi sistem skor Wells diikuti algoritma ACCP IX untuk menentukan adanya trombosis vena dalam asimtomatik pada pasien kanker = Validation of Wells score followed by ACCP IX guideline in diagnosis of asymptomatic deep vein thrombosis in cancer patients.

Related Collection