Tesis

Faktor Prediktor Relaps dan Luarannya pada Epilepsi Anak yang Terkontrol dan Setelah Penghentian Obat Antiepilepsi Case Control Study = Predictors for Relapse and Outcomes in Children with Controlled Epilepsy and After Antiepileptic Drug Withdrawal: Case Control Study.

Penghentian obat antiepilepsi (OAE) dengan terburu-buru meningkatkan risiko relaps pada epilepsi. Risiko resistensi obat pada epilepsi relaps sangat tinggi. Belum ada kesepakatan umum kapan OAE dapat dihentikan dengan aman sehingga tidak terjadi relaps. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kejadian relaps pada anak dengan epilepsi terkontrol danyang belum terkontrol kejangnya, mengetahui karakteristik anak dengan epilepsi terkontrol yang mengalami relaps, mengetahui faktor prediktor epilepsi relaps, mengetahui luaranepilepsi relaps, mengetahui perjalanan EEG anak dengan epilepsi relaps. Penelitian dilakukan pada Juni-Desember 2016. Desain studi adalah kasus-kontrol, retrospektif, multisite dari rekam medis tahun 2012-2016. Studi rekam medis dilanjutkan dengan wawancara dan pemeriksaan EEG untuk kelompok kasus. Kelompok kasus adalah anak-anak dengan epilepsi relaps sedangkan kelompok kontrol adalah epilepsi remisi komplit. Analisis bivariat dan multivariat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor prediktor epilepsi relaps. Angka kejadian epilepsi relaps pada penelitian ini adalah 13,6%. Dilakukan analisis terhadap 63 subyek epilepsi relaps dan 63 subyek epilepsi remisi komplit. Faktor prediktor epilepsi relaps pada analisis bivariat yaitu: epilepsi simptomatik (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Agung Triono - Nama Orang
Elisabeth Siti Herini - Nama Orang
Irawan Mangunatmadja - Nama Orang

No. Panggil
T17099fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xiv, 75 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17099FKT17099fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor Prediktor Relaps dan Luarannya pada Epilepsi Anak yang Terkontrol dan Setelah Penghentian Obat Antiepilepsi Case Control Study = Predictors for Relapse and Outcomes in Children with Controlled Epilepsy and After Antiepileptic Drug Withdrawal: Case Control Study.

Related Collection