Tesis

Prevalensi dan Profil Fibrosis Pasien Non-Alcoholic Fatty Liver Disease pada Diabetes Mellitus dan Faktor-faktor yang Berhubungan = Prevalence and Fibrosis Profile of Non-Alcoholic Fatty Liver Disease in Diabetes Mellitus and Factors Associated with It .

Latar Belakang: Risiko Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) meningkat pada pasien dengan diabetes melitus (DM) tipe 2. Prevalensi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan peningkatan risiko NAFLD pada populasi DM di Indonesia belum pernah diteliti. Profil derajat fibrosis pada populasi ini juga masih belum diketahui. Tujuan: Mengetahui perbedaan profil pasien DM dengan atau tanpa NAFLD serta derajat fibrosisnya. Metode: Penelitian dikerjakan secara potong lintang terhadap pasien DM tipe 2 dewasa yang berobat di poliklinik endokrin metabolik RSCM. Pengambilan sampel dilakukan secara konsekutif. Data yang dikumpulkan mencakup usia, lama diabetes, indeks masa tubuh (IMT), lingkar pinggang, kadar HDL, trigliserida, dan HbA1C. Ultrasonografi abdomen dikerjakan pada semua pasien untuk menentukan adanya NAFLD. Pasien dengan NAFLD lalu menjalani pemeriksaan elastografi transien untuk menilai derajat fibrosis. Uji Chi Square atau Fischer’s-Exact digunakan untuk analisis bivariat dan regresi logistik digunakan untuk analisis multivariat. Hasil Penelitian: Sebanyak 186 pasien dianalisis dalam studi ini, dengan 84 pasien (45,2%) terbukti mengalami NAFLD. Elastografi transien berhasil dikerjakan pada 68 pasien NAFLD, dengan 17 pasien (25,0%) terbukti mengalami fibrosis berat. Analisis univariat menunjukan perbedaan signifikan IMT (PR=1,878; 95%CI= 1,296-2,721; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Ignatius Bima Prasetya - Nama Orang
Irsan Hasan - Nama Orang
Wismandari Wisnu - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang

No. Panggil
T17088fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xx, 77 hlm., 21 cm x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17088FKT17088fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalensi dan Profil Fibrosis Pasien Non-Alcoholic Fatty Liver Disease pada Diabetes Mellitus dan Faktor-faktor yang Berhubungan  = Prevalence and Fibrosis Profile of Non-Alcoholic Fatty Liver Disease in Diabetes Mellitus and Factors Associated with It .

Related Collection