Skripsi

Hubungan antara status infeksi kecacingan usus dengan kadar IgE total dan IgE spesifik Ascaris pada penduduk di Kecamatan Nangapanda = The Relationship betweenSoil-Transmitted Helminth Infection Status and Total IgE level orAscaris-Specific IgE Level in Nangapanda Residents.

Nangapanda merupakan salah satu kecamatan di Flores, Indonesia yang memiliki prevalensi kecacingan usus sebesar 87,2 %. Terdapat tiga jenis spesies cacing usus yang paling sering menyebabkan infeksi kecacingan, yaitu Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura, serta cacing tambang. Infeksi cacing usus akan menimbulkan respon imun tipe 2, sehingga menghasilkan respon imun humoral berupa pembentukan Immunoglobulin E (IgE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status infeksi kecacingan usus dengan kadar IgE Total dan IgE spesifik terhadap Ascaris lumbricoides pada penduduk Nangapanda. Status infeksi kecacingan usus ditentukan dengan menggunakan metode Kato Katz, dimana dilakukan pencarian terhadap telur cacing pada sampel tinja pasien secara mikroskopis. Pada penelitian ini, dilakukan pengukuran antibodi IgE total dan spesifik terhadap Ascaris dalam sampel plasma dengan menggunakan metode ELISA. Didapatkan peningkatan kadar antibodi IgE Total yang bermakna pada kelompok terinfeksi oleh setidaknya satu jenis cacing usus (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Salma Alsakina Qurotuain - Nama Orang
Yenny Djuardi - Nama Orang

No. Panggil
S17006fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 50 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17006fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17006fkS17006fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara status infeksi kecacingan usus dengan kadar IgE total dan IgE spesifik Ascaris pada penduduk di Kecamatan Nangapanda = The Relationship betweenSoil-Transmitted Helminth Infection Status and Total IgE level orAscaris-Specific IgE Level in Nangapanda Residents.

Related Collection