Tesis

Pengaruh latihan relaksasi pernapasan Deep Relax Inspiration - Pursed Lip Breathing (DRI-PLB) terhadap kelelahan kerja perawat IGD RSUP Persahabatan Jakarta = The Effect of Deep Relax Inspiration - Pursed Lip Breathing (DRI-PLB) to Nurse’s Fatigue at Emergency Department of RSUP Persahabatan, Jakarta.

Latar Belakang: Kelelahan pada perawat dan keselamatan pasien merupakan masalah Internasional. Upaya untuk mengurangi kelelahan kerja pada perawat sangat penting dalam upaya memberikan kualitas dan pelayanan yang aman. Teknik relaksasi pernafasan Deep Relax Inspiration – Pursed Lip Breathing (DRIPLB) yang dipilih dalam penelitian ini berdasarkan teori bahwa metode ini akan meningkatkan oksigenasi dan membawa efek relaksasi yang akan menyebabkan menurunnya kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari latihan relaksasi pernapasan Deep Relax Inspirasi – Pursed Lip Breathing (DRIPLB) terhadap kelelahan kerja perawat. Metode: Sebuah studi pre-post intervensi dilakukan pada 39 perawat IGD. Kelelahan kerja diukur secara Subyektif dengan menggunakan Kuesioner Alat Ukur Perasaan Kelelahan Kerja (KAUPK2) dan Visual Analog Fatigue Scale, dan secara Obyektif dengan waktu reaksi. Intervensi berupa latihan relaksasi pernapasan Deep Relax Inspirasi – Pursed Lip Breathing (DRI-PLB) selama sepuluh menit di tengah shift kerja. Data itu diambil dalam enam hari berturutturut untuk setiap subyek penelitian. Hasil: Berdasarkan Kuesioner Alat Ukur Perasaan Kelelahan Kerja (KAUPK2), didapatkan peningkatan yang signifikan pada tingkat kelelahan kerja (71,8% kelelahan sedang-berat pada pra-intervensi, dan 46,2% pasca-intervensi, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Erwin Widyanto - Nama Orang
Dewi S. Soemarko - Nama Orang
Anita Ratnawati - Nama Orang

No. Panggil
T16577fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xvi, 81 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16577FKT16577FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh latihan relaksasi pernapasan Deep Relax Inspiration - Pursed Lip Breathing (DRI-PLB) terhadap kelelahan kerja perawat IGD RSUP Persahabatan Jakarta = The Effect of Deep Relax Inspiration - Pursed Lip Breathing (DRI-PLB) to Nurse’s Fatigue at Emergency Department of RSUP Persahabatan, Jakarta.

Related Collection