Tesis

Analisis ekspresi monocarboxylate transporter 1 dan 4 (MCT1 dan MCT4) serta hubungannya dengan kadar laktat ekstraseluler pada keloid = Analysis of monocarboxylate transporter 1 and 4 (MCT1 and MCT4) expression in correlation with extracellular lactate level in keloid .

Keloid adalah kondisi abnormal dalam proses penyembuhan luka yang tumbuh menyebar melebihi batas luka normal. Keloid berada dalam kondisi hipoksia relatif yang melibatkan proses adaptasi berupa perubahan lingkungan mikro dari normoksia menjadi hipoksia, termasuk dalam hal ini adalah metabolisme laktat. Monocarboxylate transporters (MCTs) yang berperan dalam metabolisme laktat pada patogenesis keloid belum jelas dipahami. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metabolisme laktat pada jaringan keloid dengan mengukur ekspresi MCT1 dan MCT4 yang berperan penting dalam transpor laktat melalui membran plasma. Jenis penelitian ini adalah studi observasional deskriptif analitik dengan desain studi potong lintang (cross sectional study). Sampel jaringan dan stroma keloid diperoleh dari 3 jaringan keloid dengan metode eksplan dan dibandingkan dengan stroma dari kultur primer dermis preputium sebagai kontrol. Ekspresi mRNA MCT1 dan MCT4 diukur dengan menggunakan quantitative real time-polymerase chain reaction (qRT-PCR). Ekspresi protein MCT1 dan MCT4 dideteksi dengan teknik enzyme linked immunosorbent assay (ELISA). Kadar laktat ekstraseluler diukur dengan EnzyChromTM L-Lactate Assay Kit. Ekspresi mRNA MCT1 dan MCT4 jaringan dan stroma keloid lebih tinggi bermakna dibandingkan stroma preputium (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Sri Suciati Ningsih - Nama Orang
Sri Widia A Jusman - Nama Orang
Septelia Inawati Wanandi - Nama Orang

No. Panggil
T16562fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xvi, 75 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16562FKT16562FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Analisis ekspresi monocarboxylate transporter 1 dan 4 (MCT1 dan MCT4) serta hubungannya dengan kadar laktat ekstraseluler pada keloid = Analysis of monocarboxylate transporter 1 and 4 (MCT1 and MCT4) expression in correlation with extracellular lactate level in keloid .

Related Collection