Tesis

Hubungan nilai ankle brachial inde (ABI) dengan terjadinya amputasi minor dan mayor pada penderita kaki diabetik = Relationship between Ankle Brachial Index (ABI) score with the insidency of mayor and minor amputation in patients with diabetic foot.

Latar belakang: Komplikasi diabetes mellitus (DM) yang paling sering dan masih menjadi masalah besar di Indonesia adalah kaki diabetik. Komplikasi ini banyak berakhir dengan kecacatan akibat amputasi. Angka amputasi di Indonesia khususnya di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) masih cukup tinggi dibandingkan dengan negara lain di Asia. Salah satu faktor predisposisinya adalah perfusi jaringan yang diukur dengan ankle brachial index (ABI). Studi yang ada menunjukan hubungan signifikan antara ABI dengan kejadian amputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai ABI dengan besarnya risiko terjadinya amputasi minor dan mayor pada penderita kaki diabetik. Metode penelitian: Studi retrospektif dilakukan pada 84 pasien kaki diabetik yang diamputasi di RSCM selama periode dua tahun. Pengambilan sampel dilakukan secara konsekutif. Analisis statistik menggunakan program SPSS 20.0, mencari hubungan faktor predisposisi dengan kejadian amputasi minor dan mayor pada pasien kaki diabetik. Peneliti menggunakan uji Chi square atau Fisher, serta uji multivariat menggunakan regresi logistik. Signifikansi bila nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Margaretta Limawan - Nama Orang
Patrianef - Nama Orang
Grace Wangge - Nama Orang
Yefta Moenadjat - Nama Orang

No. Panggil
T16553fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
x, 37 hlm., 21 cm x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16553FKT16553FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan nilai ankle brachial inde (ABI) dengan terjadinya amputasi minor dan mayor pada penderita kaki diabetik = Relationship between Ankle Brachial Index (ABI) score with the insidency of mayor and minor amputation in patients with diabetic foot.

Related Collection