Tesis

Gambaran Gangguan Mental serta Faktor-Faktor yang berhubungan dengan terjadinya gangguan mental pada Pasien dengan Stroke di Poliklinik Saraf RSCM Tahun 2016 = Prevalence and factors associated with the occurance of mental disorders among stroke patients in RSCM Neurology clinic 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran gangguan mental serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya gangguan mental pada pasien dengan stroke di Poliklinik Saraf RSCM pada tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan desain penelitian studi potong lintang. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa, 46.8% subyek dengan stroke di poliklinik Saraf RSCM mengalami gangguan mental. Gangguan mental terbanyak adalah episode depresif sebesar 19% dan distimia sebesar 16.2%. Jenis mekanisme koping yang terbanyak digunakan subyek adalah emotion focused coping dengan subskala mekanisme koping terbanyak yaitu religion. Tidak ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin, riwayat gangguan mental di keluarga, lokasi lesi, waktu pasca stroke, jenis stroke dan mekanisme koping dengan terjadinya gangguan mental pada pasien stroke. Hubungan yang bermakna didapatkan dari disabilitas fisik, yaitu ketergantungan ringan dan ketergantungan sedang yang berhubungan dengan terjadinya gangguan mental pada pasien stroke.
Kata Kunci: Stroke, gangguan mental, mekanisme koping


This study aimed to get an overview of mental disorders and the factors that influence the occurrence of mental disorders in patients with stroke in Neurology clinic RSCM in 2016. The study was a descriptive analytic research using cross sectional study design study. The result showed that, 46.8% of subjects with stroke in Neurology clinic RSCM had a mental disorder. Most mental disorders are major depressive episode was 19% and 16.2% dysthymia. Most types of coping mechanisms subject used is emotion focused coping with subscale most coping mechanism that is religion. There is no significant relationship between gender, history of mental illness in the family, lesion location, time of post-stroke, stroke and coping mechanisms with the onset of mental disorders in stroke patients. A significant association was obtained from a physical disability, mild and moderate dependence was associated with the occurrence of mental disorders in stroke patients.
Keywords: Stroke, mental disorders, coping mechanisms

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Anidiah Novy Hasdi - Nama Orang
Natalia Widiasih - Nama Orang
Diatri Nari Lastri - Nama Orang
Sylvia Detri Elvira - Nama Orang

No. Panggil
T16551fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Bidang Studi Ilmu Kedokteran Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xi, 59 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16551FKT16551FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran Gangguan Mental serta Faktor-Faktor yang berhubungan dengan terjadinya gangguan mental pada Pasien dengan Stroke di Poliklinik Saraf RSCM Tahun 2016 = Prevalence and factors associated with the occurance of mental disorders among stroke patients in RSCM Neurology clinic 2016.

Related Collection