Tesis

Efek Neurotrophin-3 pada Diferensiasi Neural Sel Punca Mesenkim Sumsum Tulang Tikus : Kajian Imunositokimia dengan Penanda Nestin dan Microtubule Associated Protein-2 = Effect of Neurotrophin-3 on Neural Differentiation of Mesenchymal Stem Cells of Rat's Bone Marrow: Immunocytochemistry Studies using Nestin and Microtubule Associated Protein-2 Markers.

Latar Belakang : Penyakit neurodegeneratif disebabkan oleh regenerasi neuron yang rendah. Pemberian sel punca mulai dikembangkan untuk meningkatkan regenerasi sistem saraf pusat. Sel Punca Mesenkim (SPM) mampu berdiferensiasi menjadi berbagai tipe sel sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sel terapi. Proliferasi dan diferensiasi sel punca neuron diregulasi gen endogen dan faktor neurotrofik seperti nerve growth factor (NGF), brain-derived neurotrophic factor (BDNF) dan neurotrophin-3 (NT-3). Namun, peran NT-3 sendiri dalam diferensiasi SPM belum banyak diketahui, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mempelajari peran NT-3 pada diferensiasi SPM dari sumsum tulang tikus menjadi neuron pada tahap awal dan tahap lanjut. Metode : SPM diisolasi dari sumsum tulang tikus, kemudian dikultur dan dipropagasi dalam Minimum Essential Medium Eagle (MEM), 10% Fetal Bovine Serum (FBS) dan 1% antibiotic-antimycotic. Induksi neuron dilakukan pada SPM pasase keempat dalam MEM, 2% FBS, 1% insulin like growth factor (N2) dan NT-3 dengan konsentrasi 20, 25, 30 ng/mL dan kontrol selama 7 hari. Dilakukan imunositokimia Nestin sebagai penanda tahap awal dan MAP-2 pada tahap lanjut diferensiasi neuron. Data yang didapat adalah rata-rata persentase jumlah sel Nestin positif dan sel microtubule associated protein-2 (MAP-2) positif pada setiap konsentrasi. Analisis statistik menggunakan program SPSS dengan uji oneway ANOVA. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada persentase jumlah sel Nestin positif pada SPM dengan penambahan NT-3 (20, 25 dan 30 ng/mL) selama 7 dan 14 hari dibandingkan dengan kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Ariyani Noviantari - Nama Orang
Radiana Dhewayani Antarianto - Nama Orang
Lutfah Rif'ati - Nama Orang

No. Panggil
T17064fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xvii, 114 hlm., 12cm x 31cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17064FKT17064FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Neurotrophin-3 pada Diferensiasi Neural Sel Punca Mesenkim Sumsum Tulang Tikus : Kajian Imunositokimia dengan Penanda Nestin dan Microtubule Associated Protein-2 = Effect of Neurotrophin-3 on Neural Differentiation of Mesenchymal Stem Cells of Rat's Bone Marrow: Immunocytochemistry Studies using Nestin and Microtubule Associated Protein-2 Markers.

Related Collection