Tesis

Hubungan subtipe Blastocystis hominis dengan diare pada anak = Association of Blastocystis hominis subtype with diarrhea in children.

Blastocystis hominis adalah protozoa usus yang banyak ditemukan di manusia dan beberapa hewan. Parasit ini sering ditemui pada survei epidemiologi dengan prevalensi yang cukup tinggi. Di Indonesia penelitian terhadap parasit ini belum banyak dilakukan sehingga penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui subtipe B. hominis dari populasi anak yang terinfeksi B. hominis dengan membandingkan subtipe yang didapat dari kelompok yang bergejala klinis dan yang tidak bergejala klinis. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan PCR terhadap gen 18 SSU rRNA lalu dilanjutkan dengan penetuan subtipe dengan metode RFLP. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa infeksi B. hominis sebesar 44, 51% dengan infeksi tertinggi pada anak usia 6-9 tahun (65,2,%), subtipe yang didapat pada penelitian ini adalah subtipe 1, subtipe 2 dan subtipe 3 . Subtipe 3 merupakan subtipe yang paling dominan yaitu 72,2% pada kelompok bergejala dan 41,93% pada kelompok tidak bergejala. Selanjutnya subtipe yang cukup banyak ditemukan juga yaitu subtipe 1 yaitu 25% pada kelompok bergejala dan 41,93% pada kelompok tidak bergejala. Subtipe 2 ditemukan dalam jumlah yang kecil yaitu masing-masing 16,12% pada kelompok tidak bergejala, 2,8% pada kelompok bergejala. Kesimpulan subtipe 3 adalah subtipe yang dominan dalam menimbulkan gejala klinis berupa diare, subtipe 1 dan subtipe 3 memiliki proporsi yang sama pada kelompok yang tidak bergejala dan berdasarkan analisa statistik didapatkan bahwa subtipe 3 lebih dominan menimbulkan gejala klinis berupa diare dibandinkan dengan subtipe 1 dan subtipe 2.
Kata Kunci : B. hominis, Subtipe, PCR, gen 18 SSU rRNA, RFLP


Blastocystis hominis is an intestinal protozoa which are found in humans and animals. These parasites are common with high prevalence in epidemiological surveys. Research on B. hominis has been done in various countries around the world, with different results for the prevalence and diversity of subtypes. In Indonesia, there is a few studies on this parasite therefore prompted the author conduct this research. This study aimed to determine the subtype of B. hominis the children population and comparing the subtypes obtained from the group symptomatic and asymptomatic subjects. The method used in this research was by performing PCR on 18 SSU rRNA gene and then followed RFLP method for subtype identification. . The results show that the prevalence of B. hominis 44,51%, the highest infection occured in children aged 6-9 years (65.2,%). Subtypes obtained in this study is ST 1, ST 2 and ST 3, which ST 3 is the most dominant subtype, namely 72.2% in the symptomatic group and 41.93% in the asymptomatic group. In addition, ST 1 is found 25% of symptomatic group and 41.93% of asymptomatic group. ST 2 is found in small quantities, 16.12% and 2,8% in asymptomatic group and symptomatic group respectively. In conclusion, subtype 3 is a predominant subtype that causing the clinical symptoms of diarrhea, followed by subtype 1 and subtype 2.
Keywords: B. hominis, Subtype, PCR, 18 SSU rRNA gene, RFLP

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Fajriati Zulfa - Nama Orang
Agnes Kurniawan - Nama Orang
Ika Puspa Sari - Nama Orang

No. Panggil
T16545fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xv, 78 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16545FKT16545FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan subtipe Blastocystis hominis dengan diare pada anak = Association of Blastocystis hominis subtype with diarrhea in children.

Related Collection