Tesis

Pengaruh Latihan Fisik Submaksimal Akut Prapenyelaman Tunggal Dekompresi Terhadap Perubahan Kadar Agregasi Trombosit Pada Penyelam Laki-Laki Terlatih = The Effect of Acute Submaximal Exercise on Pre-dive of Decompression Single Dive towards Change of Platelet Aggregation in Trained Male Divers.

LatarBelakang: Terbentuknya gelembung dari gas inert yang larut pada jaringan selama proses dekompresi merupakan penyebab penyakit dekompresi. Gelembung gas ini dapat menyebabkan disfungsi endotel yang akan mengakibatkan agregasi trombosit. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pemberian latihan fisik submaksimal akut sebelum penyelaman dapat mencegah peningkatan kadar agregasi trombosit. Metode: Penelitian ini menggunakan desain true experimental dengan jumlah sampel 40 orang yang dibagi atas 2 kelompok. Kelompok perlakuan diberikan latihan fisik submaksimal akut 24 jam sebelum penyelaman tunggal dekompresi 280kPa dengan bottom time 80 menit. Kelompok kontrol melakukan penyelaman yang sama tanpa melakukan latihan fisik 24 jam sebelumnya. Pengambilan darah dilakukan sebanyak 3 kali yaitu diawal penelitian, sebelum penyelaman dan sesudah penyelaman. Hasil: Pada kelompok perlakuan tidak ditemukan perbedaan yang bermakna (p>0,05) pada kadar agregasi trombosit dengan induktor ADP, Kolagen dan Epinefrin setelah penyelaman, sedangkan pada kelompok kontrol didapat peningkatan yang bermakna (p0.05) on the aggregation indicated by ADP, Collagen and Epinephrine, in the control group showed a significant difference (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Riny Riyanti - Nama Orang
Astrid Sulistomo - Nama Orang
M. Guritno Suryokusumo - Nama Orang

No. Panggil
T17055fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xv, 70 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17055FKT17055fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Latihan Fisik Submaksimal Akut Prapenyelaman Tunggal Dekompresi Terhadap Perubahan Kadar Agregasi Trombosit Pada Penyelam Laki-Laki Terlatih = The Effect of Acute Submaximal Exercise on Pre-dive of Decompression Single Dive towards Change of Platelet Aggregation in Trained Male Divers.

Related Collection