Tesis

Korelasi antara asupan protein dengan massa bebas lemak dan kapasitas fungsional pasien kanker paru (kajian khusus pada massa otot dan Karnofsky performance status) = Correlation of protein intake, fat-free mass and functional capacity in lung cancer patients.

Homeostasis protein berperan penting dalam memperlambat proses malnutrisi dan dalam mempertahankan massa bebas lemak pasien kanker. Kehilangan signifikan massa bebas lemak terutama massa otot skelet akan mengurangi mobilitas fisik, kapasitas fungsional, dan skor kualitas hidup pasien kanker. Penelitian ini merupakan studi potong lintang yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara asupan protein dengan massa bebas lemak dan kapasitas fungsional pada pasien kanker paru di poli onkologi RS Persahabatan Jakarta. Didapatkan 52 subjek lakilaki dengan rerata usia 55,63±6,77 tahun. Jenis dan stadium kanker yang terbanyak ditemukan adalah adenokarsinoma (63,5%), stadium IV (65,4%). Status nutrisi kurang berdasarkan IMT ditemui pada 21,2% subjek, dan berdasarkan kadar albumin serum didapatkan 30,8% subjek dengan hipoalbuminemia. Lebih dari 50% subjek dengan asupan energi dan protein dibawah rekomendasi asupan untuk pasien kanker. Pada pemeriksaan komposisi tubuh didapatkan rerata massa bebas lemak 47,20±6,28 kg, dengan 48,1% indeks massa bebas lemak rendah, massa otot rerata 44,74±5,98 kg dengan 40,4% massa otot tergolong kurang. Nilai kapasitas fungsional skala Karnofsky

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Sophika Umaya - Nama Orang
Sri Sukmaniah - Nama Orang
Sita Laksmi Andarini - Nama Orang

No. Panggil
T17049fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Gizi.,
Deskripsi Fisik
xv, 118 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17049FKT17049fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi antara asupan protein dengan massa bebas lemak dan kapasitas fungsional pasien kanker paru (kajian khusus pada massa otot dan Karnofsky performance status) = Correlation of protein intake, fat-free mass and functional capacity in lung cancer patients.

Related Collection