Tesis

Uji Keandalan Dan Kesahihan Kuesioner Gastroesophageal Reflux Disease Quality of Life Versi Indonesia = Validity and Reliability Test of Indonesian Version Gastroesophageal Reflux Disease Quality of Life Questionnaire .

LATAR BELAKANG: Prevalensi GERD di Indonesia semakin meningkat. GERD dapat memengaruhi kualitas hidup penderitanya. Kuesioner GERD Quality of Life (GERD-QOL) telah diuji keandalan dan kesahihannya di Cina. Penelitian ini bertujuan untuk menterjemahkan kuesioner GERD-QOL ke dalam bahasa Indonesia dan menguji keandalan dan kesahihannya. METODE: Sebagai tahap awal, kuesioner GERD-QOL terlebih dahulu diterjemahkan dengan metode forward backward translation ke dalam bahasa Indonesia, dan dievaluasi oleh tim peneliti sehingga dihasilkan kuesioner GERDQOL versi bahasa Indonesia. Sembilan puluh satu orang pasien yang telah didiagnosis GERD secara klinis sebelumnya berdasarkan kriteria Montreal, diwawancarai dengan menggunakan kuesioner GERD-QOL versi Indonesia dan kuesioner SF-36. Keandalan dinilai melalui metode konsistensi internal dan tes ulang dengan mewawancarai pasien pada hari pertama dan hari ke-14. Kesahihan dinilai menggunakan kesahihan konstruksi dan kesahihan eksternal melalui perbandingan dengan SF-36. HASIL: GERD-QOL berbahasa Indonesia memiliki keandalan konsistensi internal kuesioner yang baik (Cronbach alpha: 0,687–0,842) dengan keandalan tes ulang yang baik (intra class correlation coefficient: 0,756-0,936, P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Laura Anasthasya - Nama Orang
Ari Fahrial Syam - Nama Orang
Marcellus Simadibrata - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang

No. Panggil
T16494fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xxi, 82 hlm., 21 cm x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16494FKT16494FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Keandalan Dan Kesahihan Kuesioner Gastroesophageal Reflux Disease Quality of Life Versi Indonesia = Validity and Reliability Test of Indonesian Version Gastroesophageal Reflux Disease Quality of Life Questionnaire .

Related Collection