Tesis

Sistem Skor Untuk Mendeteksi Disfungsi Diastolik Ventrikel Kiri Pada Pasien Hipertensi = A Scoring System for Detecting Left Ventricular Diastolic Dysfunction in Hypertensive Patients.

Latar Belakang : Hipertensi merupakan kondisi yang banyak ditemui di pusat kesehatan primer dan menjadi suatu faktor risiko terjadinya disfungsi diastolik. Disfungsi diastolik ini terjadi sebelum gagal jantung pada pasien hipertensi dengan fraksi ejeksi ventrikel kiri normal, sehingga diagnosa disfungsi diastolik penting untuk dapat diketahui secara dini sebelum terjadi gagal jantung. Beberapa faktor telah diketahui dapat mempengaruhi terjadinya disfungsi diastolik ventrikel kiri. Faktor-faktor tersebut diharapkan dapat digunakan untuk dibuat suatu sistem skor disfungsi diastolik ventrikel kiri. Tujuan : Mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kejadian disfungsi diastolik ventrikel kiri pada pasien hipertensi, dan membuat suatu sistem skor dari faktor-faktor tersebut. Metode : Penelitian ini merupakan studi potong lintang yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan Kalimantan Utara pada subyek dengan hipertensi. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2016. Dilakukan pencatatan karakteristik pasien, faktor-faktor yang diketahui mempengaruhi disfungsi diastolik, serta hasil pemeriksaan ekokardiografi, terutama parameter pemeriksaan penilaian fungsi diastolik ventrikel kiri. Hasil : Total sampel penelitian ini adalah 132 sampel, dimana disfungsi diastolik ventrikel kiri didapatkan pada 40,2% pasien hipertensi. Faktor-faktor yang dapat dijadikan sebagai determinan untuk model akhir sistem skor dari hasil analisis regresi logistik adalah usia ≥55 tahun (OR 4,97, IK95% 1,60-15,42, p=0,006), tekanan darah tidak terkontrol (OR 22,33, IK95% 4,11-121,48, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Donny Setyawan Syamsul - Nama Orang
Lies Dina Liastuti - Nama Orang
Nani Hersunarti - Nama Orang

No. Panggil
T16492fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xvii, 49 hlm., 12cm x 31cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16492FKT16492fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Sistem Skor Untuk Mendeteksi Disfungsi Diastolik Ventrikel Kiri Pada Pasien Hipertensi = A Scoring System for Detecting Left Ventricular Diastolic Dysfunction in Hypertensive Patients.

Related Collection