Text

Hubungan Fungsi Sistolik Ventrikel Kiri dengan Kadar Mesenchymal Stem Cell dalam Autologous Bone Marrow Mononuclear Cell pada Pasien dengan Penyakit Jantung Iskemik yang menjalani Terapi Sel Punca = Relationship of Left Ventricular Systolic Function with Level of Mesenchymal Stem Cells in Autologous Bone Marrow Mononuclear Cell in Patients with Ischemic Heart Disease who Underwent Stem Cell Therapy.

Latar Belakang: Perkembangan ilmu pengetahuan berhasil meningkatkan harapan hidup pasien yang mengalami infark miokardium. Namun pengobatan yang ada saat ini hanya memperbaiki kondisi klinis pasien, tanpa adanya perbaikan otot jantung yang telah rusak. Hal inilah yang mendasari berkembangnya penelitian yang mempelajari tentang upaya regenerasi sel otot jantung dengan pemanfaatan sel punca yang salah satunya adalah Mesenchymal Stem Cell (MSC). Namun hasil yang didapatkan dari beberapa penelitian menunjukkan hasil yang belum optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kadar dan fungsi dari sel punca yang tidak adekuat. Hingga saat ini belum ada penelitian yang mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi kadar MSC dalam Bone Marrow Mononuclear Cell (BMMC) pada pasien penyakit jantung iskemik khususnya pengaruh fungsi sistolik ventrikel kiri. Tujuan: Menilai hubungan fungsi sistolik ventrikel kiri dengan kadar MSC dalam BMMC pada pasien penyakit jantung iskemik yang menjalani terapi sel punca Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang dengan menggunakan data sekunder. Subjek penelitian adalah pasien penyakit jantung koroner dengan fungsi sistolik ventrikel kiri

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Martua Silalahi - Nama Orang

No. Panggil
T16488fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xvii, 37 hlm., 12cm x 31cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16488 FKT 16 488 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Fungsi Sistolik Ventrikel Kiri dengan Kadar Mesenchymal Stem Cell dalam Autologous Bone Marrow Mononuclear Cell pada Pasien dengan Penyakit Jantung Iskemik yang menjalani Terapi Sel Punca = Relationship of Left Ventricular Systolic Function with Level of Mesenchymal Stem Cells in Autologous Bone Marrow Mononuclear Cell in Patients with Ischemic Heart Disease who Underwent Stem Cell Therapy.

Related Collection