Tesis

Validasi Eksternal Sistem Skor Harapan Kita sebagai Prediktor Mortalitas dan Morbiditas di Rumah Sakit pada Pasien yang Menjalani Pembedahan Katup Jantung = External validation of Harapan Kita score as predictor of inhospital mortality and morbidity in patients undergoing valvular heart surgery.

Latar Belakang : Model prediksi risiko mortalitas dan morbiditas pasca pembedahan jantung digunakan untuk penjelasan kepada pasien mengenai risiko perioperasi, pemilihan tatalaksana, perbandingan hasil pascaoperasi dan alokasi dana oleh penjamin kesehatan nasional. Husink dkk mengembangkan suatu sistem skor prediksi mortalitas dan morbiditas pasca pembedahan katup jantung yaitu skor Harapan Kita pada tahun 2015. Sistem skor model prediksi mortalitas memiliki daya kalibrasi dan diskriminasi yang baik sedangkan model prediksi morbiditas memiliki daya kalibrasi baik dan daya diskriminasi sedang. Sampai saat ini belum ada validasi eksternal pada sistem skor Harapan Kita tersebut, sehingga perlu dilakukan untuk dapat selanjutnya diimplementasikan secara klinis. Tujuan : Memvalidasi secara eksternal sistem skor Harapan Kita sebagai prediktor mortalitas dan morbiditas di rumah sakit pasien yang menjalani pembedahan katup jantung. Metode : Penelitian merupakan studi potong lintang dengan metode validasi eksternal temporal yang dilakukan di Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Universitas Indonesia/Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, menggunakan data sekunder Januari 2015 hingga September 2016, yang diambil secara total sampling. Analisis data ditujukan untuk mendapatkan nilai kalibrasi dan diskriminasi. Hasil : Sampel akhir berjumlah 789, kejadian mortalitas di rumah sakit 8.6% (68 dari 789 sampel) dan prediksi mortalitas dengan skor Harapan Kita 11.9%. Kejadian morbiditas di rumah sakit 34.7% dan prediksi morbiditas dengan skor Harapan Kita 19.1%. Setelah dilakukan penghitungan skor Harapan Kita pada semua sampel studi, didapatkan nilai kalibrasi prediksi mortalitas p = 0.169 dan diskriminasi/AUC sebesar 0,761 (95% IK; 0.702-0.821 sedangkan prediktor morbiditas kalibrasi p = 0.689 dan AUC 0.753 (95% IK; 0.716-0.789) Kesimpulan : Sistem skor Harapan Kita secara eksternal valid untuk memprediksi mortalitas dan morbiditas pasien yang menjalani pembedahan katup jantung.
Kata Kunci : mortalitas, morbiditas, pembedahan katup jantung, skor Harapan Kita, validasi eksternal


Background : Mortality and morbidity risk prediction model after cardiac surgery is used to explain perioperative risk, choice of treatment, comparation of surgery results, and for financial allocation consideration by national health insurance. Harapan Kita score was developed in 2015. This scoring system had a good calibration and discrimination for predicting mortality also a good calibration but moderate discrimination for predicting morbidity. However this score never been externally validated. Objective : To validate externally the Harapan Kita scoring system as an inhospital mortality and morbidity predictor in patients who is undergoing valvular heart surgery. Methods : This is a cross sectional study with temporal external validation method that performed at the Department of Cardiology and Vascular Medicine, Universitas Indonesia/National Cardiovascular Center Harapan Kita, using secondary data from January 2015 until September 2016, which taken by total sampling method. Data analysis is intended to develop the calibration and discrimination level. Results : The final samples were 789, with 8.6 % (68 from 789 samples) mortality event and a mortality predictor of Harapan Kita Score 11.9%. The Odds Ratio (OR) of all variables were similar with the OR of Harapan Kita score previous study. Callibration value for mortality predictor were p = 0.169 with a discrimination/AUC 0.761 (95%CI; 0.702-0.821) meanwhile calibration value for morbidity predictor were p = 0.689 and AUC 0.753 (95%CI; 0.716-0.789) Conclusion : Harapan Kita scoring system valid externally to predict in hospital mortality and morbidity in patients undergoing valvular heart surgery
Keywords : mortality, morbidity, valvular heart surgery, Harapan Kita score, external validation

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Novi Ariyanti - Nama Orang
Oktavia Lilyasari - Nama Orang
Amiliana M. Soesanto - Nama Orang

No. Panggil
T16487fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xiv, 45 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16487FKT16487FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Validasi Eksternal Sistem Skor Harapan Kita sebagai Prediktor Mortalitas dan Morbiditas di Rumah Sakit pada Pasien yang Menjalani Pembedahan Katup Jantung = External validation of Harapan Kita score as predictor of inhospital mortality and morbidity in patients undergoing valvular heart surgery.

Related Collection