Tesis

Estimasi Berat Badan Aktual Berdasarkan Berat Tungkai pada Pasien Geriatri = Actual Body Weight Estimation Based on Lower Limb Weight Measurement in Geriatric Patients.

Latar Belakang: Mengukur berat badan pada kondisi tertentu pada pasien geriatri sulit untuk dilakukan sehingga diperlukan suatu alat bantu baru murah dan mudah yang dapat digunakan untuk mengestimasi berat badan aktual pada seorang geriatri. Tujuan: Mendapatkan faktor yang berperan terhadap estimasi berat badan aktual serta mendapatkan rumus estimasi berat badan aktual pada pasien geriatri. Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang terhadap 150 pasien geriatri yang berobat di Poliklinik Geriatri RSCM periode Juli 2016. Pasien dengan overload cairan, riwayat amputasi tungkai, imobilitas, instabilitas, tidak dapat mengikuti perintah, riwayat operasi ganti sendi lutut atau total hip replacement, dan menolak diikutsertakan, dieksklusi dari penelitian ini. Pengukuran yang dilakukan adalah penimbangan berat tungkai, pengukuran lingkar lengan atas, pengukuran lingkar perut, dan pengukuran lingkar paha. Uji korelasi dilakukan untuk mengetahui faktor yang berperan terhadap estimasi berat badan aktual. Uji regresi linear dilakukan untuk memperoleh rumus estimasi berat badan aktual pada geriatri. Hasil Penelitian: Penelitian dilakukan pada 70 pria dan 80 wanita dengan usia rerata 70 tahun dengan indeks masa tubuh rerata 24,67 kg/m x 2 . Hasil uji korelasi berat badan aktual terhadap berat tungkai adalah 0,91. Hasil tersebut akan lebih tinggi pada wanita dengan r = 0,95 dan pada pria r = 0,83. Lingkar perut pada pria diketahui memiliki korelasi terhadap berat badan dengan r = 0,85. Rumus estimasi berat badan aktual yang didapat = 16,262 + 12,414 × berat tungkai. Formula tersebut dapat memprediksi keluaran sebesar 81% (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Oldi Dedya - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang
Dyah Purnamasari Sulistianingsih - Nama Orang
Esthika Dewiasty - Nama Orang

No. Panggil
T 17 027 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvi, 62 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17027FKT17027FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Estimasi Berat Badan Aktual Berdasarkan Berat Tungkai pada Pasien Geriatri = Actual Body Weight Estimation Based on Lower Limb Weight Measurement in Geriatric Patients.

Related Collection