Tesis

Densitas Mineral Tulang pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik Usia 5-18 Tahun dengan Terapi Glukokortikoid di Poliklinik Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta = Bone Mineral Density among Systemic Lupus Erythematosus Patient Age 5-18 Years with Glucocorticoid Treatment in Child and Adolescent Outpatient Clinic, Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta .

Latar belakang: Lupus Eritematosus Sistemik (LES) merupakan penyakit autoimun pada anak yang mengakibatkan morbiditas dan mortalitas. Salah satu faktor risiko yang diduga berdampak terhadap morbiditas pasien LES yakni penggunaan kortikosteroid dalam waktu lama. Anak dan remaja dengan LES merupakan populasi dengan risiko lebih besar terhadap morbiditas muskuloskeletal, dalam hal ini rendahnya densitas mineral tulang dan osteoporosis. Tujuan: (1) Mengetahui gambaran densitas mineral tulang pada pasien LES anak dan remaja usia 5-18 tahun yang mendapatkan terapi glukokortikoid dan (2) Mengetahui gambaran karakteristik dosis kumulatif dan harian kortikosteroid, IMT, SLEDAI dan asupan kalsium dan vitamin D pada pasien LES anak, serta (3) Mengetahui gambaran parameter laboratorium yang menggambarkan metabolisme tulang seperti kadar kalsium, vitamin D, alkali fosfatase, fosfor dan kortisol pada pasien LES anak dengan terapi kortikosteroid. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang deskriptif dengan mengikutsertakan 16 pasien LES yang berobat di poliklinik anak RSCM selama November-Desember 2016 dengan diagnosis LES. Pengambilan data dilakukan dengan melihat data rekam medis, penilaian skor SLEDAI (Systemic lupus erythematosus Disease Activity Index), asupan kalsium dan vitamin D, serta parameter laboratorium. Densitas mineral tulang diperiksa dengan Dual X-ray Absorbtiometry (DEXA) dengan melihat skor Z. Hasil: Densitas mineral tulang yang rendah (skor-Z

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Nuning Indriyani - Nama Orang
Nia Kurniati - Nama Orang
Bernie Endyarni Medise - Nama Orang
Bambang Tridjaja AAP - Nama Orang

No. Panggil
T 17 017 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xvii, 78 hlm., 12cm x 31cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17017FKT17017FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Densitas Mineral Tulang pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik Usia 5-18 Tahun dengan Terapi Glukokortikoid di Poliklinik Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta  = Bone Mineral Density among Systemic Lupus Erythematosus Patient Age 5-18 Years with Glucocorticoid Treatment in Child and Adolescent Outpatient Clinic, Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta .

Related Collection