Tesis

Faktor-faktor yang berhubungan dengan infeksi Acinetobacter baumannii pada neonatus di perawatan Unit Perinatologi RSCM = Risk factors of Acinetobacter baumannii infection in neonates at Neonatal Unit of Cipto Mangunkusumo Hospital.

Latar belakang: Acinetobacter baumannii (Acb) merupakan salah satu organisme penyebab infeksi neonatal di ruang rawat perinatologi. Kemampuan Acb menyebabkan resistensi antibiotik dan mampu mempertahankan diri dari desikasi serta desinfeksi berpotensi mengakibatkan kejadian luar biasa infeksi rumah sakit. Infeksi Acb terutama galur resisten dapat memengaruhi keberhasilan terapi, meningkatkan waktu dan biaya perawatan, serta angka mortalitas. Informasi mengenai Acb di Indonesia sangat terbatas. Tujuan: (1) Mengetahui prevalens infeksi Acb. (2) Mengetahui karakteristik neonatus terinfeksi Acb. (3) Mengetahui pola sensitivitas dan resistensi Acb terhadap antibiotik (4) Mengetahui proporsi luaran neonatus terinfeksi Acb. (5) Mengetahui faktor risiko infeksi Acb pada neonatus di perawatan Unit Perinatologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Metode: Penelitian kohort retrospektif dengan pengambilan data rekam medis pasien neonatus yang dirawat di Unit Perinatologi RSCM sejak 1 Januari 2012 hingga 30 Juni 2016 dengan diagnosis sepsis neonatal awitan lambat. Faktor- faktor yang dianggap berpengaruh dianalisis secara multivariat. Hasil: Pada periode 1 Januari 2012-30 Juni 2016, didapatkan 540 subyek dengan diagnosis sepsis neonatal awitan lambat. Hampir seluruh subyek merupakan bayi prematur. Prevalens infeksi Acb didapatkan sebanyak 35,4% dengan infeksi Acb galur resisten sebanyak 94,8%. Mortalitas akibat Acb adalah 65,4%. Sensitivitas antibiotik paling baik yaitu polimiksin dan kolistin sebanyak 26,1% dan 20,6%. Resistensi antibiotik paling tinggi ditemukan pada golongan sefalosporin (93%) dan karbapenem (82%). Pada analisis multivariat didapatkan faktor risiko yang bermakna yaitu penggunaan karbapenem sebelum terinfeksi Acb (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Distyayu Sukarja - Nama Orang
Hindra Irawan Satari - Nama Orang
Teny Tjitra Sari - Nama Orang

No. Panggil
T 16 481 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xvii, 66 hlm., 12cm x 31cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16481FKT16481FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor-faktor yang berhubungan dengan infeksi Acinetobacter baumannii pada neonatus di perawatan Unit Perinatologi RSCM = Risk factors of Acinetobacter baumannii infection in neonates at Neonatal Unit of Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection