Tesis

Efek Terapi Kombinasi Laserpunktur dan Medikamentosa terhadap Skor VAS, Kadar IL6, dan Quality of Life pada Penderita Neuropati Diabetika di Ekstremitas Inferior = The Effect Combination Therapy of Laserpuncture and Medication on VAS Score, IL6 Levels, and Quality of Life in Patients With Diabetic Neuropathy in the Lower Extremities.

Neuropati diabetika (ND) adalah penyakit sistem saraf yang menyebabkan kematian rasa, rasa tebal, nyeri, dan ketidakmampuan untuk merasakan panas dan dingin. Komplikasi diabetes ini merupakan kelainan progresif dan berkaitan pula dengan menurunnya kualitas hidup penderita. Berbagai pilihan pengobatan seperti medikamentosa dan non medikamentosa digunakan untuk menangani keluhan ini. Namun pengobatan yang ditujukan untuk mengganggu proses-proses patologis telah dibatasi oleh efek samping dan kurangnya efektifitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek terapi kombinasi laserpunktur dan medikamentosa dibandingkan laserpunktur sham dan medikamentosa pada penderita neuropati diabetika di ekstremitas inferior. Uji acak tersamar ganda dengan kontrol dilakukan pada 32 pasien ND yang dialokasikan kedalam kelompok kasus (n=16) dan kelompok kontrol (n=16). Tindakan laserpunktur dilakukan pada titik telinga MA-IC3 endokrin, ST36 Zusanli, ST40 Fenglong, dan SP6 Sanyinjiao bilateral dua kali seminggu selama dua belas kali. Skor VAS, kadar IL6, dan QOL digunakan untuk mengukur keluaran penelitian. Terdapat perbedaan bermakna secara statistik pada perbedaan rerata selisih skor VAS sebelum dan sesudah antara kelompok kasus -4,12 ± 1,204 dan kelompok kontrol -1,37 ± 0,718 dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Rudy Ekofitranto - Nama Orang
Suharko Soebardi - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Hasan Mihardja - Nama Orang

No. Panggil
T 16 470 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 99 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16470FKT16470FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Terapi Kombinasi Laserpunktur dan Medikamentosa terhadap Skor VAS, Kadar IL6, dan Quality of Life pada Penderita Neuropati Diabetika di Ekstremitas Inferior = The Effect Combination Therapy of Laserpuncture and Medication on VAS Score, IL6 Levels, and Quality of Life in Patients With Diabetic Neuropathy in the Lower Extremities.

Related Collection