Tesis

Perbedaan Distribusi Ventilasi antara Penggunaan Volume Tidal 6 mL/kgbb dengan 10 mL/kgbb pada Operasi Laparoskopi Nefrektomi dengan Penilaian Electrical Impedance Tomography: Penelitian pada Donor Transplantasi Ginjal = Distribution of Ventilation Difference between the use of Tidal Volume 6 mL/kgbw with 10 mL/kgbw kgbb on Nefrektomi laparoscopic surgery with Electrical Impedance Tomography Assessment: research on Kidney Transplant Donor.

Latar Belakang. Laparoskopi merupakan prosedur yang menguntungkan pada operasi transplantasi ginjal . Namun teknik ini dapat menyebabkan perubahan pada sistem pernafasan. Pengaturan volume tidal merupakan salah satu strategi proteksi untuk mencegah komplikasi paru pascaoperatif. Penelitian ini berusaha membandingkan efek volume tidal 6 mL/kgbb dan 10 mL/kgbb terhadap distribusi ventilasi pada pasien donor transplantasi ginjal yang menjalani nefrektomi per laparoskopi menggunakan EIT. Metoda. Uji klinis acak ini dilakukan di Instalasi Bedah Pusat RSUPN Cipto Mangunkusumo dan ruang operasi RSCM Kencana Jakarta terhadap 30 pasien donor transplantasi ginjal yang menjalani laparoskopi nefrektomi. Subjek dirandomisasi ke dalam 2 kelompok intervensi: ventilasi mekanik intraoperatif dengan volume tidal 6 mL/kgbb dan 10 mL/kgbb. Hipotesis penelitian adalah distribusi ventilasi volume tidal 6 mL/kg lebih baik dibandingkan 10 mL/kg. Parameter yang dinilai adalah ∆TIV, ∆EELI (global dan regional) dan ∆CR diambil dari monitor EIT PulmoVista 500®. Hasil. Nilai ∆TIV paru dependen dan nondependen antara kedua kelompok berbeda bermakna secara statistik pada posisi supine pascadesuflasi (p =0,008), dimana volume tidal 6 mL/kgbb menunjukkan distribusi ventilasi tidak homogen. Nilai ∆EELI global dan regional volume tidal 10 mL/kg lebih tinggi dan bermakna secara statistik pada posisi lateral dekubitus sebelum insuflasi (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Cynthia Afriany - Nama Orang
Ratna Farida S - Nama Orang
Dita Aditianingsih - Nama Orang

No. Panggil
T 16 460 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xiii, 72 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16460FKT16460FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan Distribusi Ventilasi antara Penggunaan Volume Tidal 6 mL/kgbb dengan 10 mL/kgbb pada Operasi Laparoskopi Nefrektomi dengan Penilaian Electrical Impedance Tomography: Penelitian pada Donor Transplantasi Ginjal  = Distribution of Ventilation Difference between the use of Tidal Volume 6 mL/kgbw with 10 mL/kgbw kgbb on Nefrektomi laparoscopic surgery with Electrical Impedance Tomography Assessment: research on Kidney Transplant Donor.

Related Collection