Tesis

Kekerapan Gangguan Tidur Pada Peserta PPDS Anestesiologi dan Terapi Intensif FKUI dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya = Incidence Of Sleep Disorder In Resident Of Anesthesiology and Intensive Care At Faculty Of Medicine Of Indonesia University And The Factors Affecting.

Latar Belakang: Anestesiologis adalah profesi yang rentan mengalami kelelahan. Gangguan tidur adalah keluhan yang sering dialami oleh anestesiologis. Penelitian ini menggunakan kuesioner PSQI (Pittsburgh Sleep Quality Index) untuk menilai kualitas tidur dan kuesioner ESS (Epworth Sleepines Scale) untuk menilai skala kantuk berlebih. Metode: Penelitian observasional ini menggunakan rancangan potong lintang. Setelah disetujui komite etik didapatkan 114 peserta PPDS Anestesiologi dan Terapi Intensif FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo menggunakan total sampling selama April - Mei 2016. Formulir penelitian meliputi penilaian kualitas tidur menggunakan PSQI dan skala kantuk menggunakan ESS. Analisis deskriptif meliputi data gangguan kualitas tidur, skala kantuk, distribusi karakteristik dan jam kerja. Analisis bivariat menilai kriteria terkait nilai PSQI ˃ 5 (kualitas t idur kurang) dan ESS ˃10 (skala kantuk berlebih). Analisis mult ivariat dengan regresi logistik biner untuk melihat hubungan variabel paling dominan dengan variabel dependen. Setelah itu, dilakukan perbandingan antara data kualitas tidur dengan skala kantuk berlebih. Hasil: Faktor durasi tidur, keluhan tidur dan skala kantuk berlebih adalah faktor penyebab kualitas tidur kurang (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Astrid Pratiwi - Nama Orang
JEFFERSON - Nama Orang
Eddy Harijanto - Nama Orang

No. Panggil
T 16 449 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xiii, 51 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16449FKT16449FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kekerapan Gangguan Tidur Pada Peserta PPDS Anestesiologi dan Terapi Intensif FKUI dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya = Incidence Of Sleep Disorder In Resident Of Anesthesiology and Intensive Care At Faculty Of Medicine Of Indonesia University And The Factors Affecting.

Related Collection