Tesis

Ketepatan Prediksi Diameter Pipa Endotrakea Tanpa Kaf pada Pasien Pediatrik Ras Melayu Usia 1-6 Tahun di RSUPN Cipto Mangunkusumo: Perbandingan antara Pengukuran Ultrasonografi dengan Rumus Cole = The Accuracy of Prediction Uncuffed Endotracheal Tube Size in Pediatric Patients amongs Malay Race Ages 1-6 Years Old in Cipto Mangunkusumo: Comparison between Ultrasound Measurement of Cole Formulary.

Latar Belakang: Penilaian diameter trakea praanestesia merupakan hal yang sangat penting dalam memilih ukuran diameter pipa endotrakea tanpa kaf yang sesuai, untuk meminimalisi penggunaan alat bantu jalan napas yang berlebihan dan risiko trauma jalan napas. Rumus yang paling umum digunakan saat ini di RSUPN Cipto Mangunkusumo dalam memprediksi ukuran diameter pipa endotrakea tanpa kaf pada pasien pediatrik adalah rumus Cole [(usia dalam tahun/4) + 4 mm]. Rumus Cole memiliki kekurangan yaitu tidak memperhitungkan perbedaan perkembangan fisik dan ras pada pasien pediatrik, sehingga kurang menggambarkan diameter trakea secara aktual. Metode baru untuk memprediksi diameter pipa endotrakea adalah dengan menggunakan teknik ultrasonografi. Pengukuran ultrasonografi memiliki kelebihan mampu memprediksi diameter pipa endotrakea tanpa kaf secara aktual, tidak dipengaruhi oleh perkembangan fisik anak dan ras. Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik komparatif untuk membandingkan ketepatan pengukuran ultrasonografi dengan rumus Cole dalam memprediksi ukuran diameter pipa endotrakea tanpa kaf pada pasien pediatrik ras Melayu usia 1-6 tahun di RSUPN Cipto Mangunkusumo. Setelah mendapatkan persetujuan izin etik dari Komite Etik Penelitian FKUI-RSCM, didapatkan sampel sebanyak 60 subjek. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS dan McNemar. Hasil: Didapatkan proporsi ketepatan pengukuran ultrasonografi dalam memprediksi diameter pipa endotrakea tanpa kaf pada pasien pediatrik ras Melayu usia 1-6 tahun di RSUPN Cipto Mangunkusumo sebesar 95%, sedangkan proporsi ketepatan prediksi berdasarkan rumus Cole hanya sebesar 51,7% populasi. Prediksi diameter pipa endotrakea tanpa kaf berdasarkan pengukuran ultrasonografi secara statistik signifikan lebih tepat dibandingkan prediksi diameter pipa endotrakea berdasarkan rumus Cole (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Ade Rohmana - Nama Orang
Aida Rosita Tantri - Nama Orang
Christopher Kapuangan - Nama Orang

No. Panggil
T 16 446 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xiv, 50 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16446FKT16446FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Ketepatan Prediksi Diameter Pipa Endotrakea Tanpa Kaf pada Pasien Pediatrik Ras Melayu Usia 1-6 Tahun di RSUPN Cipto Mangunkusumo: Perbandingan antara Pengukuran Ultrasonografi dengan Rumus Cole = The Accuracy of Prediction Uncuffed Endotracheal Tube Size in Pediatric Patients amongs Malay Race Ages 1-6 Years Old in Cipto Mangunkusumo: Comparison between Ultrasound Measurement of Cole Formulary.

Related Collection