Tesis

Efek Pasase Pada Profil Penuaan Sel Punca Mesenkimal Sumsum Tulang Dan Jaringan Lemak Manusia Yang Dilakukan Kriopreservasi = The Effect of Passage On Senescence Profile of Cryopreserved Human Bone Marrow and Adipose Mesenchymal Stem Cells.

Latar Belakang. Sumsung tulang merupakan sumber sel punca mesenkimal (SPM) yang paling banyak digunakan selain jaringan lemak sebagai sumber pengganti yang menjanjikan. Peningkatan penggunaan SPM membutuhkan kemampuan untuk melakukan subkultur (pasase) SPM. Untuk mengumpulkan dan menyimpan SPM dalam waktu tertentu tanpa mengubah karakter SPM maka dilakukan kriopreservasi. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman efek pasase terhadap penuaan sel punca mesenkimal sumsum tulang dan jaringan lemak yang dikriopreservasi. Metode. Penelitian ini merupakan studi analitik observasional yang dilaksanakan di UPT-TK Sel Punca RSCM FKUI (April 2016 - September 2016). Sampel penelitian adalah sel punca mesenkimal sumsum tulang dan jaringan lemak pasase pertama yang dikriopreservasi 1 dan 2 kali. Dilakukan pengukuran terhadap ukuran sel, viabilitas sel, population doubling time (PDT), colony forming unit dan penghitungan persentase sel yang menua. Data pasase dianalisis dengan multiple comparison ANOVA dengan Tukey HSD correction dan student t-test menggunakan program SPSS 23. Hasil. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok kriopreservasi SPM sumsum tulang dalam PDT, viabilitas, dan ukuran sel pada P6 dengan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Starifulkani Arif - Nama Orang
jeanne A. Pawitan - Nama Orang
Ismail HD - Nama Orang

No. Panggil
T 16 440 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi.,
Deskripsi Fisik
xvii, 73 hlm., 12cm x 31cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16440FKT16440FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Pasase Pada Profil Penuaan Sel Punca Mesenkimal Sumsum Tulang Dan Jaringan Lemak Manusia Yang Dilakukan Kriopreservasi = The Effect of Passage On Senescence Profile of Cryopreserved Human Bone Marrow and Adipose Mesenchymal Stem Cells.

Related Collection