Skripsi

Efek Pemberian Minyak Ikan Kaya Omega-3 terhadap Histopatologi Hati Mencit yang Diinduksi dengan Azoksimetan (AOM) dan Dekstran Sodium Sulfat (DSS) = Effect of Omega-3 Fish Oil Supplementation on Histopathology of Liver in Mice Induced by AOM and DSS.

Latar belakang: Kerusakan hati pada pasien dengan kanker kolorektal memberikan kontribusi terhadap morbiditas dan mortalitas pada kelompok pasien ini. Minyak ikan kaya omega 3 memiliki efek imunomodulator dan antiinflamasi yang mungkin dapat menekan kerusakan hati pasien kanker kolorektal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemberian minyak ikan kaya omega-3 terhadap kerusakan hati pasien kanker kolorektal dengan menggunakan model mencit yang diinduksi dengan azoksimetan (AOM) dan dekstran sodium sulfat (DSS). Metode: Dua puluh empat ekor mencit balb/c dinduksi dengan AOM dosis 10 mg/kgBB dan larutan DSS 2% intraperitoneal. Mencit kemudian dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan: kelompok kontrol; kelompok yang diberi minyak ikan kaya omega-3 dosis rendah (1,5mg/hari); Kelompok yang diberi minyak ikan kaya omega-3 dosis sedang (3mg/hari); Kelompok yang diberi minyak ikan kaya omega-3 dosis tinggi (6mg/hari). Mencit dikorbankan setelah 10 minggu. Hati mencit kemudian diwarnai dengan hematoxylin eosin dan dilihat histopatologinya (nekrosis, steatosis, inflamasi, displasia, dan obstruksi vena sentral) menggunakan mikroskop cahaya. Hasil: Terdapat perbedaan histopatologi yang bermakana kelompok kontrol dengan kelompok yang diberi suplementasi minyak ikan kaya omega-3 pada jumlah fokus nekrosis (p=0,029 untuk dosis rendah, p=0,001 untuk dosis sedang, dan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Surya Buana Wangi - Nama Orang
Kusmardi - Nama Orang

No. Panggil
S16178FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 50 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16178FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16178FKS16178FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Pemberian Minyak Ikan Kaya Omega-3 terhadap Histopatologi Hati Mencit yang Diinduksi dengan Azoksimetan (AOM) dan Dekstran Sodium Sulfat (DSS) = Effect of Omega-3 Fish Oil Supplementation on Histopathology of Liver in Mice Induced by AOM and DSS.

Related Collection