Skripsi

Hubungan Diabetes Melitus dengan Kesembuhan Pengobatan Tuberkulosis Paru Dewasa Menggunakan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) Lini Pertama Di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo = Association between Diabetes Mellitus and Recovery of Adult Pulmonary Tuberculosis Using 1st Line AntiTuberculosis Drug in Cipto Mangunkusumo Hospital.

Kasus Tuberkulosis di Indonesia masih tinggi dan menduduki peringkat kedua dunia. Di sisi lain, kasus DM yang dapat meningkatkan risiko TB semakin banyak. Pada DM terjadi penurunan dan abnormalitas sistem imun yang dapat memperparah infeksi TB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan DM dengan kesembuhan pengobatan TB. Desain penelitian ini adalah crosssectional dengan total sampel enam puluh data rekam medis pasien TB dan TBDM yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi di RSCM tahun 2014. Pada penelitian ini dari enam puluh pasien TB terdapat pasien TB-DM di RSCM sebesar 48.3%. Pasien TB-DM yang sembuh dalam enam bulan sebesar 27.6% dan tidak sembuh dalam enam bulan sebesar 72.4%. Analisis bivariat menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara DM dengan kesembuhan pengobatan TB (OR 2.46; 95% CI 0.838-7.223). Dengan melihat kontrol gula darah pasien TB-DM, didapatkan pasien TB-DM dengan gula darah tidak terkontrol sebanyak 55.2%. Pasien TB-DM terkontrol yang tidak sembuh dalam dua belas bulan sebesar 7.7%, sedangkan pasien TB-DM tidak terkontrol yang tidak sembuh dalam dua belas bulan sebesar 68.8%. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara kontrol gula darah pada pasien TB-DM dengan kesembuhan pengobatan TB (OR 26.4; 95% CI 2.653-262.695; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Miftahul Ulum - Nama Orang
PURWANTYASTUTI - Nama Orang

No. Panggil
S16171FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 48 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16171FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16171FKS16171FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Diabetes Melitus dengan Kesembuhan Pengobatan Tuberkulosis Paru Dewasa Menggunakan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) Lini Pertama Di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo  = Association between Diabetes Mellitus and Recovery of Adult Pulmonary Tuberculosis Using 1st Line AntiTuberculosis Drug in Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection