Tesis

Hubungan Nilai Endometriosis Fertility Index (EFI) dengan Kejadian Kehamilan Pada Pasien Endometriosis dengan Infertilitas Pasca Terapi Pembedahan Laparoskopi = The relationship between Endometriosis Fertility Index (EFI) score and pregnancy among endometriosis patients underwent laparoscopy.

Latar Belakang: Endometriosis merupakan isu utama ygang sering ditemukan pada perempuan usia reproduksi dengan keluhan infertilitas. Endometriosis Fertility Index (EFI) merupakan suatu sistem staging yang sederhana, bermakna, dan bermanfaat secara klinis untuk memprediksi prognosis fertilitas pada pasien endometriosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kehamilan dan hubungannya dengan skor EFI pada pasien endometriosis yang menjalani terapi pembedahan laparoskopi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan RS Carolus. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode kohort prospektif yang dilakukan di RSCM dan RS Carolus pada subjek pasien endometriosis dengan keluhan infertilitas yang dilakukan terapi pembedahan laparoskopi pada tahun 2012-2014. Skor EFI ditentukan dengan mengambil data catatan rekam medis dan video operasi berdasarkan klasifikasi menurut Adamson. Data kehamilan diambil dalam periode 2 tahun follow up. Hubungan antara skor EFI dengan kehamilan dianalisis secara bivariat. Hasil: Terkumpul 50 pasien yang dianalisis. Sebanyak 18 pasien (35,3%) diketahui hamil selama durasi pemantauan 2 tahun. Insidensi kehamilan sampai dengan tahun kedua pada kelompok skor EFI 0-3, 4, 5, 6, 7-8, 9-10 beturut turut adalah 0%, 0%, 50%, 25%, 92,9%, 100%. Median skor EFI pasien yang hamil vs tidak hamil yakni: 7 (5-9) vs 4 (1-8) dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Dimas Radityo Yohakim - Nama Orang
Herbert Situmorang, dkk - Nama Orang

No. Panggil
T 16 392 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xi, 105 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16392FKT 16 392 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Nilai Endometriosis Fertility Index (EFI) dengan Kejadian Kehamilan Pada Pasien Endometriosis dengan Infertilitas Pasca Terapi Pembedahan Laparoskopi = The relationship between Endometriosis Fertility Index (EFI) score and pregnancy among endometriosis patients underwent laparoscopy.

Related Collection