Tesis

Penilaian Perubahan Skor Kualitas Hidup Pasien POP Pasca Tatalaksana Pembedahan Vagina Dengan Menggunakan Kuesioner PFDI-20 Dan PFIQ-7 Di RSCMDan RSF = Assessment of Quality of Life Score Changes in POP Patients After Vaginal Surgery Using PFDI-20 and PFIQ-7 questionnaires at RSCM And RSF .

TUJUAN: Mengetahui perubahan skor kualitas hidup pasien POP pasca tatalaksana pembedahan vagina dengan menggunakan kuesioner PFDI-20 dan PFIQ-7 Di RSCMdan RSF LATAR BELAKANG: Prolaps organ panggul menjadi perhatian utama dalam masalah kesehatan wanita pada semua umur yang sering dihubungkan dengan penurunan kualitas hidup dan menyebabkan gangguan pada kandung kemih, saluran cerna dan disfungsi seksual. Terapinya ialah konservatif dan pembedahan dengan tujuan terapi menghilangkan keluhan untuk mengembalikan kualitas hidup pasiennya sehingga pasien dapat melakukan aktifitas. Tujuan penelitian ini untuk melihat perubahan skor kualitas hidup pasien POP pasca tatalaksana pembedahan vagina dengan menggunakan kuesioner PFDI-20 dan PFIQ-7 Di RSCMdan RSF. DESAIN DAN METODE: Desain studi kohort prospektif, dilakukan di RSCM dan RSF periode Juli 2015 hingga Oktober 2016. Subjek dilakukan follow-up penilaian kualitas hidup sebelum dan sesudah terapi bulan ketiga dengan menggunakan kuesioner PFDI-20 dan PFIQ-7 versi Indonesia. Data disajikan secara analisis deskriptif. HASIL: Pada penelitian ini didapatkan 25 sampel penelitian dan tidak ada yang di drop out. Hasil penelitian menunjukkan pasien yang diterapi dengan pembedahan vagina juga terdapat pengurangan skoring kualitas hidup yang bermakna dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Cut Rika Maharani - Nama Orang
Surahman Hakim - Nama Orang

No. Panggil
T 16 387 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xii, 67 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16387FKT16387FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Penilaian Perubahan Skor Kualitas Hidup Pasien POP Pasca Tatalaksana Pembedahan Vagina Dengan Menggunakan Kuesioner PFDI-20 Dan PFIQ-7 Di RSCMDan RSF = Assessment of Quality of Life Score Changes in POP Patients After Vaginal Surgery Using PFDI-20 and PFIQ-7 questionnaires at RSCM And RSF .

Related Collection