Skripsi

The Association between Healthy Behavior and Scabies Lesion in Students of A Pesantren in Jakarta Selatan = Asosiasi antara Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Lesi Skabies pada Pelajar di Pesantren Jakarta Selatan.

Scabies is an infectious skin disease which is common in pesantren because of overcrowded area and less hygienic environment. The purpose of this research was to find out the association between healthy behavior and scabies lesion. This cross sectional research is conducted in a pesantren Jakarta Selatan on July-September 2013. All students (98 people) became the research subjects. The subjects were asked to fill out the questionnaires regarding the healthy behavior. The diagnosis can be determined by anamnesis and dermatological examination. The data was analyzed by using SPSS version 20 and tested by Chi Square Test. Based on the data analysis, the prevalence of scabies in this pesantren is 68.4%. The percentage of positive scabies students with wide lesion in bad and good behavior students reached 53.7% and 9% respectively, while the located lesion in bad and good behavior students accounted 26.9% and 10.4% respectively. There is no significant difference between healthy behavior and scabies lesion (Chi square test, p=0.170).
Keywords : scabies, lesion, pesantren, healthy behavior


Skabies adalah penyakit kulit yang banyak terdapat di pesantren karena lingkungan padat penghuni dan kebersihan yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui asosiasi perilaku hidup bersih sehat dan luas lesi skabies. Penelitian cross sectional ini dilakukan di sebuah pesantren di Jakarta Selatan pada bulan Juli - September 2013. Semua santri (98 orang) dijadikan subyek penelitian. Subyek diminta mengisi kuesioner berisi pertanyaan mengenai perilaku hidup bersih sehat. Diagnosis didapatkan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan dermatologis. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 20 dan diuji dengan Chi Square Test. Didapatkan bahwa prevalensi skabies di pesantren adalah 68,4%. Lesi luas pada santri yang berperilaku baik terdapat pada 9% dan pada santri berperilaku buruk sebanyak 53.7%. Lesi terbatas pada santri yang berperilaku baik terdapat pada 10.4% dan pada santri berperilaku buruk sebanyak 26.9%. Tidak ada perbedaan bermakna antara perilaku hidup bersih sehat dan lesi skabies (Chi square test, p=0.170).
Kata kunci : skabies, lesi, pesantren, perilaku hidup bersih sehat

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Luddwi Achmad Rizky - Nama Orang
Saleha Sungkar - Nama Orang

No. Panggil
S 14 131 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 KKI.,
Deskripsi Fisik
ix, 23 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 14 131 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S14131FKS14131FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of The Association between Healthy Behavior and Scabies Lesion in Students of A Pesantren in Jakarta Selatan = Asosiasi antara Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Lesi Skabies pada Pelajar di Pesantren Jakarta Selatan.

Related Collection