Skripsi

Perbandingan antara Pasien Tuberkulosis Sensitif dan Pasien Tuberkulosis Resistensi Obat (MDRTB) pada Aspek Biaya Langsung Non-Medis (Direct Non Medical Cost) maupun Biaya Tidak Langsung (Indirect Cost) = Comparasion beetwen between drug-sensitive tuberculosis patients and multi-drug resistance tuberculosis patients in the aspect of indirect and direct non-medical cost.

Penyakit tuberkulosis merupakan salah satu penyakit dengan prevalensi tinggi di Indonesia. Selama proses pemeriksaan (pre-diagnosis) hingga pengobatan tuberkulosis, banyak biaya yang dikeluarkan pasien tuberkulosis, mulai dari biaya langsung dan biaya tidak langsung yang dapat berdampak terhadap kondisi ekonomi penderita tuberkulosis. Selain itu, pada penyakit tuberkulosis dapat timbul permasalah berupa resistensi terhadap obat anti-tuberkulosis (multi-drug resistance tuberculosis) yang membutuhkan regimen pengobatan yang berbeda dengan tuberkulosis sensitif. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pasien tuberkulosis sensitif dan pasien tuberkulosis resistensi obat pada aspek biaya tidak langsung maupun biaya langsung non-medis. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross-sectional, sebanyak 156 pasien tuberkulosis diwawancarai dengan mengunakan kuesioner tentang pembiayaan selama mengalami tuberkulosis. Pada hasil uji statistik diperoleh nilai p pada variabel biaya suplementasi (p=0,031), transportasi pre-diagnosis (

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Ahmad Farabi - Nama Orang
Retno Asti Werdhani - Nama Orang

No. Panggil
S16158FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 39 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16158FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16158FKS16158FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan antara Pasien Tuberkulosis Sensitif dan Pasien Tuberkulosis Resistensi Obat (MDRTB) pada Aspek Biaya Langsung Non-Medis (Direct Non Medical Cost) maupun Biaya Tidak Langsung (Indirect Cost)  = Comparasion beetwen between drug-sensitive tuberculosis patients and multi-drug resistance tuberculosis patients in the aspect of indirect and direct non-medical cost.

Related Collection