Skripsi

Perbandingan Proporsi Fungsi Kognitif Lansia yang tinggal di Rumah dan di Panti WredaKecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Tahun 2016 = The Comparison of Cognitive Function Proportion between elderly living in Home and Nursing Home at Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, West Java 2016 .

Salahsatu indikasi peningkatan derajat kesehatan penduduk suatu negara adalah adanya peningkatan angka usia harapan hidup yang dapat berkaitan dengan munculnya masalah kesehatan salah satunya kemunduran fungsi kognitif. Kemunduran fungsi kognitif dapat dipengaruhi berbagai faktor termasuk lingkungan tempat tinggal lansia. Namun penelitian yang membandingkan fungsi kognitif lansia yang tinggal di rumah dan di panti wreda masih jarang ditemukan. Penelitian ini menggunakan desain crosssectional comparisonmenggunakan metode cluster random sampling didapatkan 133 responden lansia yang tinggal di rumah dan di panti wreda di kecamatan Bojonggede, Bogor, Jawa Barat. Lansia diwawancarai menggunakan kuesioner Mini Mental State Examination (MMSE) untuk menentukan fungsi kognitif. Hasil penelitian menunjukan dari 91 lansia yang tinggal dirumah 74,7% memiliki fungsi kognitif baik dan 25,3% memiliki fungsi kognitif buruk. Dan dari 42 lansia di panti wreda ditemukan 26,2% lansia memiliki fungsi kognitif baik dan 73,8% memiliki fungsi kognitif buruk. Menggunakan uji hipotesichi square untuk melihat adanya perbedaan proporsi lansia yang tinggal di rumah dan di panti wreda didapatkan nilai p < 0,0001. Hasil ini menunjukan adanya perbedaan bermakna antara fungsi kognitif buruk lansia yang tinggal di rumah dan di panti wreda. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan adanya upaya untuk mempertahankan fungsi kognitif pada lansia yang tinggal di rumah dan di panti wreda.
Kata kunci: Lansia, rumah, panti wreda, fungsi kognitif


Increasing life expectancy as one of the indication health improvement in developing country. This condition can be associated with various health problem in elderly include decreased cognitive function. Cognitive function decline can be influenced by many factors include living environment. However, the studies comparing the cognitive function in elderly living at their own home and nursing home. This study used cross sectional design comparison using cluster random sampling method and involved 133 elderly respondents living at home and nursing homes in Bojonggede, Bogor, West Java. Elderly interviewed using Mini Mental State Examination (MMSE) questionnaire to determine cognitive function. The result from 91 elderly living at home showed 74,7% had normal cognitive function and 25,3% had worse cognitive function. While, the results from 42 elderly living in nursing home found 26,2% had normal cognitive function and 73,8% had worse cognitive function. The statistical tests (Chi Square) to analyis proportion showed p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Noni Apreleani - Nama Orang
Trevino A. Pakasi - Nama Orang

No. Panggil
S16149FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
x, 58 hlm., 21 cm x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16149FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16149FKS16149FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Proporsi Fungsi Kognitif Lansia yang tinggal di Rumah dan di Panti WredaKecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Tahun 2016 = The Comparison of Cognitive Function Proportion between elderly living in Home and Nursing Home at Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, West Java 2016 .

Related Collection