Skripsi

Perbedaan Proporsi Tingkat Depresi Lansia yang Tinggal di Rumah dan di Panti Wreda Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Tahun 2016 = The Proportion Differences of Depression Levels between Elderly Living in Their Own Home and Living in Nursing Home at Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 2016.

Peningkatan angka harapan hidup menyumbang pada peningkatan populasi lansia di Indonesia. Masalah kesehatan yang sering terjadi pada lansia adalah depresi. Depresi semakin meningkat pada lansia yang tinggal di panti wreda. Namun, penelitian untuk membandingkan tingkat depresi pada lansia di panti wreda dan di rumah masih jarang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan proporsi tingkat depresi pada lansia yang tinggal di rumah dan di panti wreda serta faktor-faktor sosiodemografi yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan analitik cross sectional comparison dengan metode pengambilan sampel cluster random sampling dari populasi terjangkau di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Data tingkat depresi diperoleh dari kuesioner Geriatric Depression Scale (GDS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 92 responden yang tinggal di rumah, didapatkan 69,9% diantaranya tidak depresi, 12% nya kemungkinan depresi, dan 18,5% nya mengalami depresi. Sementara itu, dari 43 responden yang tinggal di panti wreda, didapatkan 14% diantaranya tidak depresi, 34,9% nya kemungkinan depresi, dan 51,2% nya mengalami depresi. Nilai p hasil uji Chi Square didapatkan

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Deviana Nuraini - Nama Orang
Trevino A. Pakasi - Nama Orang

No. Panggil
S16147FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 65 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16147FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16147FKS16147FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan Proporsi Tingkat Depresi Lansia yang Tinggal di Rumah dan di Panti Wreda Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Tahun 2016 = The Proportion Differences of Depression Levels between Elderly Living in Their Own Home and Living in Nursing Home at Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 2016.

Related Collection