Skripsi

Asosiasi Sertoli Cell Only Syndrome melalui Nilai Kriteria Johnsen dengan Riwayat Varikokel pada Pasien Azoospermia = Association between Sertoli Cell-Only Syndrome Assesed with Johnsen Score and Varicocele in Azoospermic Patients.

Latar Belakang: Varikokel merupakan penyebab infertilitas yang paling umum terjadi pada pria. Varikokel dapat menyebabkan kerusakan pada testis, seperti penurunan volume dan hambatan spermatogenesis. Hambatan spermatogenesis dapat menyebabkan kadar FSH meningkat. Sebuah studi menunjukkan bahwa dari 37 pasien azoospermia dengan varikokel bilateral, didapatkan 32% hasil biopsi dengan gambaran Sertoli Cell-Only Syndrome (SCOS). Tujuan: Mengetahui hubungan antara SCOS dengan riwayat varikokel pada pasien azoospermia. Metode: Studi cross sectional dengan sampel berjumlah 110 pasien azoospermia yang termasuk 36 pasien varikokel dan 25 pasien SCOS berdasarkan data rekam medis dan hasil biopsi pasien. Pasien sampel merupakan pasien Departemen Urologi RSUPN Cipto Mangunkusumo tahun 2011-2015 yang melakukan biopsi pada kedua testisnya. Hasil: Dari 110 pasien azoospermia, nilai Kriteria Johnsen dengan frekuensi terbesar dan reratanya adalah 5. Terdapat 10 (27.8%) pasien SCOS dengan varikokel dan 59 (79.7%) pasien tidak SCOS dengan varikokel. Secara statistik, tidak terdapat hubungan bermakna antara SCOS dan varikokel (p>0.05). Kelompok SCOS memiliki kadar FSH yang lebih tinggi daripada kelompok non-SCOS (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Michelle Eva Rebeca Natalia - Nama Orang
Pudji Sari - Nama Orang

No. Panggil
S16124FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 28 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16124FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16124FKS16124FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Asosiasi Sertoli Cell Only Syndrome melalui Nilai Kriteria Johnsen dengan Riwayat Varikokel pada Pasien Azoospermia = Association between Sertoli Cell-Only Syndrome Assesed with Johnsen Score and Varicocele in Azoospermic Patients.

Related Collection