Skripsi

Hubungan Hemoglobin Pra-transfusi dan Profil Besi dengan Gangguan Pertumbuhan Fisik pada Pasien Thalassemia di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta = Associaton between Pra-transfusion Hemoglobin and Iron Profile with Physical Growth Retardation among Thalassemia Patients in Cipto Mangunkusumo Hospital (RSCM) Jakarta.

Thalassemia merupakan hemoglobinopati herediter yang menyebabkan gejala anemia yang kronis pada pasien, sehingga transfusi darah harus dilakukan secara rutin. Pemberian transfusi darah secara rutin dapat menyebabkan terjadinya kelebihan besi yang memicu beberapa komplikasi, salah satunya adalah gangguan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin dan profil besi dengan gangguan pertumbuhan pada pasien thalassemia. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional pada 102 pasien thalassemia di Pusat Thalassemia RS Cipto Mangunkusumo Jakarta. Empat puluh lima (44,1%) subjek adalah perempuan dan 57 (55,9%) subjek adalah lelaki dengan rentang usia 9-14 tahun. Tiga puluh sembilan (38,2%) subjek memiliki perawakan pendek dan 63 (61,8%) subjek memiliki perawakan normal. Nilai median kadar feritin serum pada pasien perawakan pendek adalah 2062 (318-8963) ng/mL dan pada pasien perawakan normal adalah 3315 (422,9-12269) ng/mL (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Ilham Akbar - Nama Orang
Pustika Amalia Wahidiyat - Nama Orang

No. Panggil
S16113FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 37 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16113FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16113FKS16113FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Hemoglobin Pra-transfusi dan Profil Besi dengan Gangguan Pertumbuhan Fisik pada Pasien Thalassemia di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta = Associaton between Pra-transfusion Hemoglobin and Iron Profile with Physical Growth Retardation among Thalassemia Patients in Cipto Mangunkusumo Hospital (RSCM) Jakarta.

Related Collection