Skripsi

Dampak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) terhadap Kualitas Tidur Siswa Sekolah Dasar = Correlation Between Sleep Quality and Attention Deficit Hyperactivity Disorder on Elementary School Students .

Latar Belakang: Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas adalah kelainan kronik neurobehavioral yang sering terjadi pada anak usia sekolah. Sekitar 8-10% anak usia sekolah menderita GPPH dan sering dihubungkan dengan kondisi medis lain seperti penurunan kualitas tidur yang pada anak usia sekolah memiliki prevalensi yang cukup tinggi yaitu 25%. Pada penelitian di Perancis, 55% anak penderita GPPH juga mengalami gangguan tidur. Tujuan: Mengetahui hubungan antara GPPH dengan penurunan kualitas tidur anak. Metode: Studi case-control dilakukan terhadap 386 anak usia sekolah di SDN Kenari 01, 03, dan 05 Pagi Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner Skala Penilaian Perilaku Anak Hiperaktif Indonesia (SPPAHI) yang diisi oleh orangtua dan guru dan kuesioner Skala gangguan tidur untuk anak (SDSC) yang diisi oleh orangtua pada JanuariFebruari 2016. Hasil: Sebanyak 34 (31,5%) anak dengan GPPH mengalami kualitas tidur tidak baik, sedangkan 74 (68,5%) diantaranya mengalami kualitas tidur baik. Pada kelompok anak GPPH negatif 37 (13,8%) mengalami kualitas tidur tidak baik, sedangkan 231 (86,2%) mengalami kualitas tidur baik. Secara statistik, terdapat hubungan bermakna antara GPPH dengan kualitas tidur (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Rinaldo Indra Rachman - Nama Orang
Bernie Endaryani Medise - Nama Orang

No. Panggil
S16097FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 44 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16097FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16097FKS16097FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Dampak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) terhadap Kualitas Tidur Siswa Sekolah Dasar = Correlation Between Sleep Quality and Attention Deficit Hyperactivity Disorder on Elementary School Students .

Related Collection