Skripsi

Studi Komparatif Pemeriksaan Deteksi Antibodi (Serologi) dengan Kultur Sputum pada Pasien Suspek Aspergilosis Paru = Comparative Study between Antibody Detection and Sputum Culture in Patient with Suspected Pulmonary Aspergillosis .

Aspergilosis paru merupakan infeksi oportunistik yang disebabkan oleh jamur Aspergillus spp. Insidensi aspergilosis paru cenderung semakin meningkat seiring dengan peningkatan penggunaan obat-obatan imunosupresan seperti kortikosteroid dan terapi sitotoksik. Sulitnya penegakan diagnosis aspergilosis paru menjadi tantangan disebabkan tanda dan gejala klinis yang tidak spesifik serta biopsi jaringan sebagai baku emas yang bersifat invasif. Pemeriksaan kultur sputum dan deteksi antibodi merupakan pemeriksaan yang rutin dilakukan pada pasien suspek aspergilosis paru yang dikirim ke Laboratorium Mikologi Departemen Parasitologi FKUI, namun belum tersedia data mengenai nilai diagnostik deteksi antibodi dalam mendiagnosis aspergilosis paru. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan pemeriksaan deteksi antibodi dengan crude antigen Aspergillus dengan metode imunodifusi dengan kultur sputum sebagai tes rujukan. Penelitian berdesain potong lintang dengan sampel berjumlah 689 rekam medis dari pasien suspek aspergilosis paru yang melakukan pemeriksaan kultur sputum dan deteksi antibodi di Laboratorium Mikologi Departemen Parasitologi FKUI tahun 2008-2015. Dari analisis deskriptif didapatkan prevalensi aspergilosis paru berdasarkan hasil positif kultur sebesar 0,4%. Dari uji diagnostik deteksi antibodi dengan tabel 2x2, nilai sensitivitas 33,33% dan spesifisitas 95,62% serta terdapatnya perbedaan yang bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Rifka Fadhilah - Nama Orang
RIdhawati Syam - Nama Orang

No. Panggil
S16080FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 43 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16080FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16080FKS16080FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Studi Komparatif Pemeriksaan Deteksi Antibodi (Serologi) dengan Kultur Sputum pada Pasien Suspek Aspergilosis Paru = Comparative Study between Antibody Detection and Sputum Culture in Patient with Suspected Pulmonary Aspergillosis .

Related Collection