Skripsi

Efektivitas Pemeriksaan Mikroskopik Parasit Usus pada Sampel Tinja yang dikirim ke Laboratorium Parasitologi FKUI dengan Pemeriksaan Tunggal dan Berulang = The effectivity of Intestinal Parasites Microscopic Examination in Stool Samples sent to Laboratory of Parasitology FKUI on Single and Repetitive Examination.

Frekuensi pengambilan sampel tinja dalam pemeriksaan mikroskopik mempengaruhi hasil pemeriksaan, namun sampai saat ini belum ada pedoman jumlah pengambilan sampel tinja untuk deteksi infeksi parasit usus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi pengambilan sampel tinja yang lebih efektif untuk deteksi infeksi parasit usus dengan pemeriksaan mikroskopik. Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional. Data pada penelitian merupakan hasil pemeriksaan dari sampel tinja yang dikirim ke Laboratorium Parasitologi FKUI tahun 2006-2015. Teknik sampling yang digunakan ialah non probability sampling yaitu consecutive sampling dengan mengambil sampel tinja dari subjek yang memeriksakan tinjanya 3 kali di hari yang berbeda dengan dengan interval pemeriksaan sampel pertama dan ketiga kurang dari 10 hari. Pada penelitian ini didapatkan bahwa pemeriksaan dengan pengambilan sampel tinja dua kali meningkatkan hasil positif dibandingkan pengambilan sampel tinja satu kali (30,9% vs 34,1%) (uji Fisher, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Cesilia Permatasari - Nama Orang
Lisawati Susanto - Nama Orang

No. Panggil
S16070FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 37 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16070FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16070FKS16070FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Pemeriksaan Mikroskopik Parasit Usus pada Sampel Tinja yang dikirim ke Laboratorium Parasitologi FKUI dengan Pemeriksaan Tunggal dan Berulang = The effectivity of Intestinal Parasites Microscopic Examination in Stool Samples sent to Laboratory of Parasitology FKUI on Single and Repetitive Examination.

Related Collection