Skripsi

Perbandingan Efektivitas Teknik Pemeriksaan Langsung dengan Teknik Konsentrasi untuk Deteksi Parasit Usus = Effectivity Comparison of Stool Examination Using Direct Method and Concentration Method to Detect Presence of Intestinal Helminth.

Diagnosis infeksi parasit usus dilakukan menggunakan pemeriksaan mikroskopik feses, akan tetapi pemeriksaan mikroskopik memiliki banyak metode dan belum ditentukan metode mana yang merupakan baku emas. Laboratorium Departemen Parasitologi FKUI menggunakan dua metode pemeriksaan mikroskopik, yaitu metode langsung dan metode konsentrasi formalin-eter (Ritchie) untuk pemeriksaan rutin pada sampel feses. Penelitian ini pun disusun untuk membandingkan efektivitas kedua metode tersebut dalam diagnosis parasit usus. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan data berupa data sekunder, yaitu hasil pemeriksaan dari sampel feses yang dikirim ke Laboratorium Parasitologi FKUI. Data kemudian dianalisis dengan uji Fisher dan ditentukan nilai sensitivitas dan spesifisitasnya dengan pengganti baku emas berupa nilai positif gabungan kedua metode. Hasil didapatkan pemeriksaan mikroskopis menggunakan metode langsung memiliki sensitivitas 100% dan spesifisitas 100%, sedangkan metode konsentrasi formalin-eter (Ritchie) memiliki sensitivitas lebih rendah yakni 98% dan spesifisitas 100%. Uji Fisher menyatakan perbedaan bermakna untuk hasil pemeriksaan kedua metode (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Herlien Widjaja - Nama Orang
Lisawati Susanto - Nama Orang

No. Panggil
S16068FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 30 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16068FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16068FKS16068FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Efektivitas Teknik Pemeriksaan Langsung dengan Teknik Konsentrasi untuk Deteksi Parasit Usus = Effectivity Comparison of Stool Examination Using Direct Method and Concentration Method to Detect Presence of Intestinal Helminth.

Related Collection